Marrin News

Menggunakan Jet Ski, Kapolda Maluku Tiba di Kota Tual

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Royke Lumowa. M.M. saat tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Kota Tual dengan menggunakan Jet Sky
Tual, Marrinnews.com.-Berbeda dari biasanya dimana kunjungan kerja sebelumnya menggunakan Kapal Laut dan Pesawat Komersil kali ini Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Royke Lumowa. M.M. dalam rangka kegiatan patroli perairan jarak jauh  tiba di Kota Tual dengan menggunakan Jet Ski setelah menempuh perjalanan selama 7 jam dari Banda Kecamatan Kepulauan Banda Kabupaten Maluku Tengah pada Selasa 26 November 2019.

Pantauan Media ini Kapolda Maluku tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Kota Tual tepat pukul pukul 14.55 WIT Jet Ski dan dikawal oleh 2 (dua) unit Kapal Polairud milik Polda Maluku langsung disambut tarian adat Kei dan di lanjutkan dengan pengalungan bunga.


Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M usai prosesi penyambutan dan makan siang kepada media ini mengatakan kegiatan Patroli perairan jarak jauh yang dilakukanya saat ini pertama dirinya ingin menumbuhkan semangat serta kesadaran kepada anggotanya dan seluruh warga bahwa secara kewilayahan 93 persen Provinsi Maluku terdiri dari laut untuk itu lautnya harus dijaga karena merupakan sumber kehidupan dan penghasilan bagi masyarakat.

“Selain itu di Maluku tepatnya dilaut banda merupakan yang terdalam di Dunia, 12 Kilo Meter loh, jadi kita harus mencintai dan menjaga laut kita,” Ujarnya.
 
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Royke Lumowa. M.M. saat tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Kota Tual 
Menurutnya Implementasinya yaitu dengan mencintai laut, dengan memastikan kelestarianya tetap terjaga demi anak cucu kedepan, hal yang paling sederhana yang dilakukan adalah menyentuhnya dengan aktifitas baik itu berenang serta berlayar dengan apa saja.

“Saya berkeinginan,ah kalo berlayar dengan kapal saya sudah pernah ke Tual dengan kapal Pelni, saya pingin pake kendaraan yang spektakuler tapi cepat sampai yaitu dengan jet sky,” Ujar Pria dengan Dua Bintang di pundaknya.

Sebelum memutuskan melakukan Patroli Laut guna menyambangi warga yang berada di pulau terluar Maluku,  awalnya dirinya memulai dengan rute jarak pendek yaitu mengellilingi Pulau Ambon dan Ke Kecamatan Banda Naira Kabupaten Masohi .

“Setelah semua sudah oke, baru di lakukan rute jarak panjang yaitu Aambon menuju pulau wetar berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste,” Jelasnya.

Dijelaskanya sesuai rute yang akan ditempuh yaitu Ambon, Banda, Kota Tual, Tanimbar, Moa, Pulau Wetar dan Pulau Lirang kemudian kembali ke Pulau Moa untuk kembali ke Ambon dengan menggunakan Pesawat Komersil.

“Sesuai jadwal Besok saya akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat,” Tegasnya.


Hadir pada acara penjemputan Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara , Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kab. Malra Drs. H.Abdul Hamid Ingratubun, Asisten I Bidang Administrasi Kota Tual Moksen Renwarin S.Sos, Danlanal Tual Kolonel Laut, (P) I Gustu Putu Wisnawa, M.Tr Hanla, Dandim 1503 Tual Letkol Arh. Yoyo Karyo, S.Ip  M.Tr Hanla dan Ibu, Kapolres Maluku Tenggara  AKBP. Indra Fadilla Siregar, SH. Sik, Dansatpom Lanud Dumatubun Kapten Pom Danang Hermanto, Para Pimpinan OPD lingkup Pemda Kota Tual. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar