Marrin News

Pemkab Agendakan Ritual Panas Pela Kei Dan Seram

Ir Anderias Rentanubun 
Langgur. - Hubungan panas pela atau pela gandong sebagai pranata yang mampu mengikat hubungan persau­daraan antara Muslim dengan Muslim, Kristen dengan Kristen bahkan Muslim dengan Kristen harus tetap dijaga hal ini di katakan Bupati Maluku Tenggara Ir Anderias Rentanubun usai menghadiri  musyawarah pertama Latupati,di  Ball Room Hotel Safira, belum lama ini.

Dikatakannya Ikatan pela-gandong  yang sudah ada sejak dulu sebagai bentuk dan ciri hidup orang basudara harus tetap ditumbuh kembangkan kepada generasi muda agar jangan sampai tergeser dengan arus modernisasi.

Untuk itu ikatan Pela antara Orang Kei dan Seram Bagian Timur memiliki hubungan kekeluargaan yang telah terjalin sejak lama sehingga perlu di lakukan panas pela dan di rencanakan akan berlangsung dalam waktu dekat.

"Kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah Seram Bagian Timur ( SBT) sehingga Panas Pela ini,bisa di lakukan dalam waktu dekat ini"ujar Rentanubun.


Dikatakannya, Panas Pela ini akan di lakukan di KEI dan SBT tepatnya pada Ulang Tahun kedua Daerah, karena panas pela merupakan budaya orang Maluku sebagai pengikat semangat Persudaraan bagi generasi sekarang dan yang akan datang. (MN-07)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar