Marrin News

Safari Adat di Tamedan, Raja Rekomendasikan Marga Rentua - Balubun


Safari Adat di Desa Tamedan 
Tual, Marrinnews.com.- Program Safari Adat yang di gagas Pemerintah Kota Tual dalam rangka mengembalikan peran Raja serta persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Desa serentak dan sosialisasi Hukum untuk kali keduanya di Desa Tamedan Kecamatan Dullah Utara dilaksanakan di balai Desa pada Sabtu 3 Agustus 2019.

Pantauan Wartawan Rombongan Walikota Adam Rahayaan S,Ag. M,Si dan Kapolres Maluku Tenggara Indra Fadilah Siregar SH. S,Ik. MH  bersama 4 Raja diantaranya Raja Tual Hi Husein Tamher, Raja Ohoitahit Husein Abu Reniwuryaan, Raja Yarbadan Sodri Renhoran dan Raja Dullah Bayan Renuat dan kapitan Ohoitelvav Moh saleh Rengur saat tiba di wama Somlay Harnar disambut warga dengan pengalungan bunga serta tarian.

Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si
Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. Msi. dalam arahanya mengatakan pelaksanaan Pilkades di Kota Tual akan digelar pada tahun 2020 berdasarkan surat dari kementrian mengingat secara nasional masyarakat baru saja dihadapkan pada pemilihan Presiden dan Pileg 2019.

“ kita diuntungkan oleh penundaan tersebut, selain belum tuntasnya Perda Pilkades oleh DPRD juga waktu tersebut bisa dimaanfakan dalam safari adat,” Terangnya.
 
Raja Balduhadat Bayan Renuat 
Dijelaskanya safari adat yang bertujuan guna para Raja menyampaikan pembagian peran serta hak yang ada di setiap Desa pada ratschapnya menjelang Pilkades juga dimanfaatkan untk mendekatkan pemerintah bersama rakyat.

“ dengan berdialog langsung maka seluruh harapan masyarakat baik itu secara adat maupun secara pemerintahan dapat langsung disampaikan sehingga keharmonisan itu tetap terbangun dan terjaga,” Ujarnya.

Sementara itu Kapitan Ohoitelvav serta Raja Balduwahadat dalam kesempatan tersebut menyampaikan pembagian peran yang telah ada sejak leluhur bahwa orang kay (Kepala Desa) yang bisa dicalonkan dan akan direkomendasinya adalah marga Rentua dan Balubun, ditegaskanya selain kedua marga tersebut maka dipastikanya tak akan direkomendasi.


Pantauan wartawan setelah sosialisasi Adat dan saat memasuki sesi dialog, 6 penanya mewakili masyarakat Tamedan mendukung penuh kegiatan Safari Adat dan merindukan kehadiran Kapitan Ohoitelvav serta Raja Balduwahadat, atas penegasan terkait kedua marga yang memiliki hak menjadi Kepala Desa masyarakat mendukung serta menyetujui, hal ini mengingat masih dipegangnya pesan leluhur serta pembagian yang ada di Desa Tamedan.

Pada kesempatan tersebut warga juga meminta agar Kapitan Ohoitelvav serta Raja Baldu Wahadat agar lebih intens mengunjungi warganya di Desa Tamedan. (MN_86)



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar