Marrin News

Walikota Resmi Membuka MTQ Kota Tual Ke-VI



Walikota Kota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si saat menekan sirene tanda dibukanya MTQ Kota Tual Ke 6 Di gedung LPTQ Dumar (25/02/2019)
Tual, Marrinnews.com.- Walikota Kota Tual Adam Rahayaan S,Ag secara Resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ) Ke-VI Kota Tual Tahun 2019 dengan penekanan tombol sirene yang didampingi Ketua Panitia H. A. Notanubun. S,Sos. M,Si. Ketua MUI Kota Tual H. Ahmad Kabalmay Dan Kepala Kantor Agama Kota Tual Hanafi Kasim Di Gedung LPTQ Dumar Pada Senin 25 February 2019.

Pantauan Wartawan, acara pembukaan diawali dengan devile kafila dengan menampilkan peserta, Oficial dan Pelatih yang Berasal dari 5 (lima) Kecamatan diantaranya Kafila asal Kecamatan Dullah Selatan, Kafila Kecamatan Dullah Utara, Kafila Kecamatan Tayando Tam, Kafilah Kecamatan Pulau Kur Dan Kafila Kecamatan Kur Selatan.

Kafila Asal Kecamatan Kur Selatan
Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran dan pembacaan surat keputusan penetapan dewan hakim dan pengumuman mata lomba yang di lombakan serta pengambilan sumpah kepada dewan hakim yang dipimpin kepala pengadilan Agama Tual.


Direncanakan MTQ ke-VI akan berlangsung selama 5 hari dimulai pada hari senin 25 Februari  sampai Jumat 1 Maret 2019 yang dilaksanakan digedung LPTQ Dumar dan SMK Pelayaran Tual.

Dalam sambutanya Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si mengatakan  Al’quran sejak diturunkan pertama kali oleh Allah SWT sudah menjadi Pedoman mulia bagi umat Islam untuk keluar dari fase penuh kegelapanm, fase dzulumat, fase jahiliah menuju fase nur, fase yang sangat terang.
Pembacaan Ayat suci Al'Quran


“ Al-Quran menjadi hudan Iin naas wa bayyinatin minal huda wal furqan, yaitu sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan tentang yang hak dan yang batil,” Ujarnya.

Menurutnya bahkan Alquran menjadi sumber inspirasi bagi ulama dan akademisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi kehidupan manusia.
Pengambilan Sumpah terhadap dewan hakim yang dipimpin kepala Kantor Pengadilan


Untuk itu dirinya mengajak untuk memandang MTQ bukan hanya sebagai sebuah acara rutin, bukan hanya sebagai lomba menang kalah dalam seni membaca Alquran.

“Saya mengajak kepada kita semuanya agar menjadikan MTQ sebagai suntikan energi bagi umat Islam kususnya masyarakat Kota Tual untuk membumikan Alquran dalam dunia nyata, membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-han' seorang muslim,” Pintanya.

Dijelaskanya saat Alquran di acara MTQ ini dibaca oleh para Qori Qoriah dengan tajwid dan lagu yang merdu, marilah bersama merenungkan dan memahami maknanya Dan bagaimana setelah itu kita menjalankan petunjuk dalam Alquran untuk memperkokoh akhlakul karimah, membangun kehidupan yang beragam dan menerapkan ide-ide besar. ide-ide mulia dalam Alquran untuk kemaslahatan umat.

Rahayaan berpesan kepada Para Qori Qori'ah, Hafiz Hafizah dan peserta cabang cabang lainnya yang meraih predikat juara dan Prestasi dalam Pelaksanaan MTQ Ke-VI Kota Tual, Pemerintah Kota Tual akan tetap lakukan pembinaan sebagai persiapan menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Maluku pada bulan Juli mendatang di Kabupaten Buru Namlea.
Untuk itu Rahayaan diakhir sambutan menyampaiakan rasa terima Kasih dan penghargaan kepada Pengurus LPTQ Kota Tual, seluruh Panitia, dan seluruh Majelis Hakim yang akan bekerja untuk lebih maksimal dan memberikan penilaian yang objektif selama berlangsungnya lomba dari berbagai cabang yang dilombakan pada MTQ VI Tahun 2019.

“Kita berharap dan' penilaian objektifrtas itu maka akan menghasilkan Qori Qoriah, Hafiz Hafizah terbaik di Kota Tual yang akan mengukir prestasi gemilang pada iven selanjutnya,” Harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Agama Kota Tual beserta jajaran, Forkopimda, Kepala OPD Lingkup Kota Tual, Ketua Klasis , Ketua Majelis Jemat serta undangan lainya.(MN_86).
baca juga : https://www.marrinnews.com/2019/02/notanubun-sebanyak-120-peserta-dari-5.html


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar