Marrin News

Perum Bulog Dukung Pemkot Tual Tekan Inflasi

 


Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara siap memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tual dalam menekan Inflasi daerah.

”Bulog pada prinsipnya siap mendukung melalui beberapa perangkat antaranya SPHP, ” kata Kepala Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara Chaerul Mazhar di Tual, Kamis (30/11).

Menurutnya, Perum Bulog Maluku telah menyiapkan stok beras untuk menjawab kebutuhan masyarakat sampai awal tahun 2024.

Kepada media ini di Tual, Jumat (1/12/2023) Mazhar menyampaikan, dirinya sudah menyiapkan stok untuk memenuhi permintaan pasar murah guna memenuhi kebutuhan beras.

Sedangkan pasar murah, ia menambahkan, Bulog Maluku tetap mendukung pemerintah daerah terutama dalam pelaksanaan kegiatan pasar murah atau pasar pangan murah yang dilakukan Pemerintah.

Terkait stok beras Bulog Maluku dalam menghadapi perayaan Natal cukup aman bahkan hingga awal 2024 mendatang.

“Stok beras yang ada sekarang ini khususnya untuk Maluku cukup aman sehingga tidak perlu dikhawatirkan,” ucapnya.

Terpisah, Penjabat Walikota Tual Akhmad Yani Renuat meminta agar sinergitas dan kerjasama dari semua untuk dapat menekan angka inflasi melalui upaya Stabilitas pasokan dan harga pangan dengan tujuan untuk memeratakan kedaulatan pangan dengan harga relatif terjangkau bagi seluruh masyarakat Kota Tual,” kata Renuta.

Stabilitas harga berhubungan erat dengan keterjangkauan dan mahalnya bahan pangan yang dapat berpengaruh pada rendahnya daya beli masyarakat, sehingga berujung pada ketidak-stabilan ekonomi dan memungkinan untuk terjadi gejolak sosial di masyarakat.

”Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan dimana kondisi ekonomi sedang tidak stabil akibat adanya gejolak inflasi,“ ujarnya..

Pasalnya, salah satu pemicu utama kondisi ini adalah kelangkaan pasokan dan harga yang tidak stabil dari beberapa bahan pokok pangan antara lain Beras, Gula pasir, Telur Ayam, Cabe dan Minyak Goreng yang terus mengalami kelonjotan harga.

Renuat menambahkan, kondisi ini menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kota Tual untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipatif terhadap setiap dampak yang mungkin terjadi dalam kehidupan masyarakat melalui beberapa kebijakan Pemerintah Daerah seperti Optimalisasi penjualan Pangan Murah bagi masyarakat kecil.

 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar