Marrin News

Pj. Wali Kota Tual Sebut Penggerak PKK Jadi Garda Terdepan dalam Pembangunan


Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Pj Walikota Tual Hi. Akhmad Yani Renuat mengatakan bahwa, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PPK) merupakan garda terdepan dalam program pembangunan Kota Tual.

Pasalnya, PKK bisa menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Saya berharap agar PKK dilibatkan dalam kegiatan perangkat daerah. Karena PKK mempunyai peran penting dalam pembangunan dengan berbagai inovasi dan kegiatan yang dilakukan lewat partisipasi dan pemberdayaan keluarga,” kata Pj Walikota Tual saat membuka Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2023 di Ohoi Labetawi, Kec Dullah Utara, Kamis (30/11/2023).

Oleh sebab itu, PKK harus sinkronisasi program dan kegiatan dengan perangkat daerah agar program PKK tetap berjalan sesuai program kerja Pemerintah daerah.

Pasalnya, 10 Program Pokok PKK dan prioritas pembangunan Kota Tual mempunyai tujuan akhir yang sama yaitu mewujudkạn kesejahteraan bagi masyarakat Kota Tual.

Dijelaskan, lomba lelaksana yerbaik 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku ini dapat membangkitkan semangat kader-kader PKK di Ohoi/Finua dan juga membangkitkan pula semangat Ohoi/Finua menggali seluruh potensi yang dimilikinya.

Di samping itu pula, kegiatan seperti ini dapat memicu semangat gotong royong seluruh elemen Ohoi/Finua, baik pemuda dan pemerintahan Ohoi/Finua untuk bersama-sama menyukseskan dan memberikan yang terbaik untuk Lomba 1O Program PKK tersebut.

“PKK atau Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga adalah suatu gerakan pembangunan yang tumbuh dari bawah, dikelola oleh, dari dan untuk masyarakat menuju keluarga yang sejahtera,” ungkap Pj Walikota Tual yang kenal sebagai penulis dan konseptor itu.

Dalam sebuah keluarga, kata Pj Walikota, peran dan dan fungsi sebuah keluarga sangat dikedepankan dalam usaha untuk mencapai tujuan keluarga itu sendiri.

Diakui atau tidak, upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan keluarga bukanlah persoalan yang mudah.

Oleh sebab itu, perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga, lebih banyak mempunyai muatan kualitatif akan senantiasa muncul, baik yang bersumber dari faktor eksternal maupun internal institusi keluarga itu sendiri.

“memberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat akan menjadi lebih bermakna ketika semua elemen dalamn wilayah tersebut mendukung penuh upaya tersebut,” ucap Renuat.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar