Marrin News

Maluku Tenggara Boyong Dua Juara API Awards VIII

Potret Malam Puncak API Award Tahun 2023, di Plaza Presisi Manise Kota Ambon-Maluku, Rabu (1/11/2023) malam. Foto: istimewa

Penulis | Editor: Gery Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Kabupaten Maluku Tenggara berhasil memboyong dua penghargaan bidang pariwisata dalam malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards ke-VIII yang digelar di Plaza Presisi Manise Kota Ambon, Maluku, Rabu (1/11/2023) malam.

Dua penghargaan tersebut, yakni juara pertama kategori desa wisata membangun negeri IV tahun 2023 diraih oleh Desa Wisata Iso dan Ngurbloat Smart Tourism menyabet juara pertama kategori promosi pariwisata digital terbaik.

"Juara satu (pertama) kita untuk desa wisata membangun negeri tahun 2023,,, Desa Wisata Iso Kabupaten Maluku Tenggara," sebut MC malam puncak API Award 2023.

Sementara itu, data yang dihimpun MARRINnews.com menyebutkan ajang bergengsi ini diselanggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Yayasan Ayo Jalan-Jalan, Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon sebagai tuan rumah serta berbagai pihak lainnya.

Adapun dilansir dari RRI.co.id,  API Award ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. API diselenggarakan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri, swasta maupun pemerintah daerah se- Indonesia, mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Prosesi penyelenggaraan API dimulai dengan mengajak para pejalan serta para wisatawan (domestik dan internasional), juga masyarakat luas se- Indonesia untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata terfavorit ataupun terpopuler menurut pendapat mereka.

Untuk pemilihannya dilakukan dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui berbagai media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube) berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar