Marrin News

Pemkab Malra Salurkan Ratusan Ton Beras Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah

Wakil Bupati Malra Petrus Beruatwarin membagikan Bantuan Pangan Cadangan Pangan Pemerintah, berupa beras, kepada perwakilan KPM di Halaman Kantor Disketapang Malra, Senin (16/10/2023). Foto: suaradamai.com


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) melalui Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Malra menyalurkan bantuan ratusan ton beras. Bantuan pangan tersebut merupakan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah.

Acara peluncuran penyaluran bantuan dilaksanakan di Halaman Kantor Disketapang Malra, Senin (16/10/2023). 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Malra Zainal Arifin Rahayaan menjelaskan, bantuan tersebut bertujuan mengurangi beban penerima manfaat, sekaligus sebagai upaya penanganan gizi buruk, hingga diharapkan turut menekan angka inflasi.

Adapun proses penyaluran dilakukan oleh Disketapang Malra bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional, PT. Pos Indonesia, dan Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam penyaluran bantuan tersebut.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa Maluku Tenggara mendapat jatah bantuan bantuan pangan sebanyak 327 ton 240 kg beras.

Jumlah itu akan disalurkan kepada 10.908 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama tiga bulan, yaitu September, Oktober, dan November. 

“Setiap bulan, masing-masing KPM akan menerima 10 kg,” kata Zainal.

Di hari yang sama, Diketapang Malra juga mengadakan Gerakan Pangan Murah, yang bertujuan menjaga pasokan dan harga pangan, serta sebagai upaya pengendalian inflasi. Pasar Murah digelar di halaman Kantor Disketapang Malra, 16-17 Oktober.

Selain itu, dalam program optimalisasi pangan lokal, Disketapang Malra akan menyalurkan enbal bunga sebanyak 4.800 bungkus atau sekitar 3 tom. Bantuan ini akan disalurkan kepada KPM dengan kategori miskin, stunting, dan rawan pangan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar