Marrin News

Pemkab Malra Gandeng Perdami dan BCA Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis

Foto: Labes R


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) dan Tim Penggerak PKK menggandeng Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Bank Central Asia (BCA), menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) operasi katarak.

Acara pembukaan Baksos operasi katarak dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Rabu (11/10/2023). Hadir dalam kegiatan, Bupati Malra M. Thaher Hanubun, Wakil Bupati Petrus Beruatwarin, Plt. Sekda Nico Ubro, dan Ketua TP-PKK Eva Eliya Hanubun.

Bakti sosial ini merupakan upaya dari penyelenggara untuk mengembalikan kualitas penglihatan para pasien menjadi jauh lebih baik dan menjadi lebih produktif, sehingga bisa meningkatkan kualitas kehidupannya.

Kegiatan Baksos operasi katarak dilaksanakan selama lima hari, pada 11-15 Oktober di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, terdiri atas empat hari penanganan pasien dan satu hari tour wisata.

Sesuai pantuan media ini, Pemkab Malra telah melakukan pemeriksaan awal/skrining pasien oleh 20 Puskesmas, dan mendata penderita katarak sebanyak 155 orang.

Selanjutnya, mereka akan mendapat pelayanan operasi dari tim yang berjumlah 25 orang, terdiri atas sembilan dokter spesialis mata, dua dokter umum, dan 12 tenaga medis. Dalam tim itu, ada juga dua orang perwakilan BCA.

Ketua Tim Perdami untuk Baksos di Malra dr. Faraby Martha, Sp.M., Susbp.KBR menyebutkan, pihaknya menargetkan 300 pasien dalam operasi kali ini.

“Target 300 orang dalam dua hari. Jadi satu hari 150 orang,” sebut dr. Faraby.

Ia menambahkan, bagi para penderita katarak yang belum terdata, masih punya kesempatan untuk melakukan operasi. Sebab Baksos ini masih berlanjut hingga Jumat (13/10/2023).

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar