Marrin News

Paripurna HUT Ke-12 Kota Langgur, Bupati Thaher Sebut Capaian Fasilitas Pembangunan di Pusat Ibukota

Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyampaikan sambutan pada Paripurna Istimewa HUT Ke-12 Kota Langgur di Ruang Sidang Utama DPRD Malra, Senin (9/10/2023). Foto: Istimewa.


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com – DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar paripurna istimewa peringatan HUT Ke-12 Kota Langgur, Senin (9/10/2023). Paripurna berlangsung di Raung Sidang Utama DPRD setempat.

Bupati Malra M. Thaher Hanubun bersama jajaran pimpinan OPD, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pimpinan Formkompimda, tokoh agama hingga pemuda hadir dalam acara tersebut.

Bupati Thaher Hanubun pada sambutannya mengungkap capaian pembangunan di ibukota kabupten berjuluk Larvul Ngabal itu. Ia menyebut ada sejumlah pembangunan fasilitas kota yang sementara dibangun/direvitalisasi.

Bupati mengatakan, penanganan infrastruktur fasilitas Kota Langgur merupakan bagian dari upaya meningkatkan pelayanan ibu kota. Langgur adalah barometer pembangunan Maluku Tenggara.

Adapun lanjut dirincikannya beberapa fasilitas kota yang sementara dibangun/direvitalisasi yaitu landmark Kota Langgur; Kawasan Kuliner Vatwahan yang meliputi gedung dan landscape; revitalisasi Pasar Langgur berupa penanganan gedung pasar, terminal dan jalan.

Kemudian penataan kawasan pemerintahan, pembangunan Gedung CAT di kawasan pemerintahan, penataan kawasan pemukiman Watdek-Ohoijang meliputi penanganan rumah warga berupa perbaikan dan pembangunan baru, penanganan jalan lingkungan, penanganan drainasse, dan perbaikan sanitasi rumah tangga.

Pemkab Malra juga melakukanan penanganan fasilitas keagamaan yaitu penyelesaian gedung Gereja Langgur, penyelesaian Masjid Muhajirin Pemda, dan penyelesaian dan penataan halaman gedung Pesparawi.

Selain itu, terdapat pula penanganan jalan di wilayah Kota Langgur, yakni jalan di lingkungan perumahan nasional (Perumnas); Jalan Merdeka (depan RSUD Karel Sadsuitubun); Jalan Cempaka (Depan Kantor Telkom Ohoijang; Jalan Pahlawan Revolusi (Depan Kodim 1503 Maluku Tenggara); termasuk pembangunan tujuh paket jalan lingkungan di wilayah permukiman yang tersebar di Kota Langgur.

“Terhadap penanganan jalan pada ruas jalan Jenderal Sudirman, segmen Ohoijang. Tepatnya depan lokasi landmark. Kerusakan yang terjadi terus kami dorong untuk ditangani oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional. Mengingat ruas jalan tersebut adalah jalan nasional,” ungkap Bupati.

Bupati menekankan,berbagai infrastruktur dan fasilitas yang dibangun di Kota Langgur, memiliki tujuan, nilai, dan fungsi-fungsi sosial. Fasilitas yang sudah dibangun, lanjut Bupati, merupakan aset yang harus dijaga.

Sebab itu, Bupati berharap, khusus kepada para pemuda agar memiliki kepedulian dan kecintaan terhadap Kota Langgur.

“Mari sama-sama kita merawat dan ikut menjaga keberlanjutan aset dan fasilitas publik yang ada di Kota Langgur,” ujar Bupati.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar