Marrin News

23 Tahun Bergulat, Umat Stasi Somlain Akhirnya Miliki Gereja Representatif

 

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dan Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno Ngutra menandatangai prasasti sebagai tanda peresmian Gereja St. Theresia Dari Kanak-Kanak Yesus Somlain, Minggu (29/10/2023).



Penulis | Editor: Gery Ngamel


MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com – Impian masyarakat atau umat Stasi Somlain untuk memiliki bangunan gereja yang reprsentatif akhirnya terwujud sudah. Gedung Gereja katolik yang berada tepat di Ohoi Somlain, Kecamatan Kei Kecil Barat ini telah diresmikan oleh Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dan Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno Ngutra pada Minggu (29/10/2023).

Gereja kebanggaan Umat Katolik Stasi Somlain ini bernama Gereja Santa Theresia Dari Kanak-Kanak Yesus. Adapun proses pembangunannya memakan waktu panjang, sekiatar 23 tahun.

Ketua Panitia Peresmian Gereja Somlain, Clemens Welafubun menyatakan, peresmian itu menjadi titik penantian warga selama hampir 23 tahun.

Menurut dia, pembangunan gereja tersebut telah diwacanakan sejak tahun 1990, kemudian warga berswadaya mencari anggaran, termasuk mengumpulkan material kebutuhan pengerjaan bangunan.

Hanya saja, diakuinya bahwa dalam prosesnya selalu terkendala penganggaran. Bahkan skema luas bangunan sempat diperkecil mengingat besarnya kebutuhan biaya. Hingga sempat ada usulan pemindahan lokasi gereja yang berujung beda pendapat.

Kondisi kepanitiaan hingga warga sendiri tak memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan pembangunan. Pembangunan pun lama terbengkalai.

Clemens lanjut mengungkapkan, anugerah akhirnya baru datang di tahun 2019 tatkala Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun berkunjung ke Somlain. Thaher kemudian diajak warga melihat kondisi gereja yang lama terbengkalai.

"Beliau lantas berkomitmen merampungkan lewat dana hibah Pemerintah Kabupaten Malra," sebut dia..

Komitmen Bupati pun terjawab, Gedung Gereja Somlain rampung 100 persen, kurang dari setahun setelah peletakan batu pertama, umat kembali bergotong royong  melakukan pembangunan di awal 2023.

"Rumah Tuhan ini telah lama diimpikan umat, dan satu hal yang pasti, bahwa keberhasilan yang telah dicapai ini karena kasih dan kemurahan Tuhan, serta dukungan semua pihak termasuk Pemerintah Daerah," ujar Clemens.

 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar