Marrin News

Kirab Merah Putih di Malra Raih Penghargaan Nasional

Potret Kirab Merah Putih di Maluku Tenggara Pada Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI. Foto: Istimewa 


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) meraih penghargaan atas pelaksanaan Kirab Merah Putih dalam memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut rencananya akan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta pada 8 September besok. Mewakili Bupati, Kepala Kesbangpol Malra yang akan menerima penghargaan tersebut.

Sekretaris Kesbangpol Maluku Tenggara Karel Rahajaan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kirab tersebut, hingga mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia menuturkan, pelaksanaan Kirab Merah Putih yang melalui hampir semua ohoi/desa di Bumi Larvul Ngabal itu, bertujuan menggelorakan semangat kebangsaan masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara.

Kegiatan tersebut dilsakanakan selama lima hari, 12 – 16 Agustus 2023. Kirab dimulai dari Ohoi/Desa Ohoiraut di Kecamatan Kei Besar Utara Timur, kemudian ke Kei Besar Utara Barat, Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Selatan Barat, Kei Kecil Timur, Kei Kecil Timur Selatan, Kei Kecil Barat, Hoat Sorbay, Manyeuw, dan berakhir di Ohoi/Desa Sathean Kecamatan Kei Kecil.

“Peserta melalui semua ohoi, kecuali yang di pulau seperti Tanimbar Kei, Ur Pulau, dan Warbal,” ungkap Rahajaan, kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (6/9/2023).

Selama kirab, peserta menyinggahi 78 titik untuk melaksanakan upacara bendera di setiap titik tersebut, sebagai tanda 78 tahun Indonesia merdeka.

“Inspektur (upacara) langsung dipimpin oleh Pak Bupati, dan Komandan TNI/Polri, Kapolres, Dandim 1503, Danlanal Tual, Danlanud Dumatubun. Saya sendiri selaku komandan upacara mengelilingi 78 titik,” imbuh Rahajaan.

Bendera yang digunakan selama kirab tersebut juga digunakan pada saat upacara peringatan HUT 17 Agustus di Lapangan Upacara Kantor Bupati Malra.

Rahajaan menambahkan, pelaksanaan Kirab Merah Putih ini mendapat dukungan sangat luar biasa dari semua pihak. Masyarakat bangga karena baru pertama kali kegiatan seperti ini dilaksanakan di ohoi-ohoi.

Menurut Rahajaan, Maluku Tenggara masuk dalam 14 kabupaten/kota yang akan menerima penghargaan dari Kemendagri.

“Ada 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia. Yang akan menerima penghargaan adalah 5 provinsi dan 14 kabupaten/kota. Untuk (Provinsi) Maluku itu (Kabupaten) Maluku Tenggara yang mewakili,” pungkas Rahajaan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar