Marrin News

Harga Barang di Tual Cenderung Naik


Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Kota Tual mengalami inflasi tahun ke tahun. Teranyar, Kota Tual mengalami inflasi sebesar 4,68 persen di bulan Agustus 2023.

Hal ini disampaikan Koordinator Fungsi Statistik dan Distribusi  BPS Maluku Tenggara, Idho Nadjibula.

Menurut Nadjibula, nilai kenaikan indeks harga konsumen mengalami peningkatan dari Juli lalu senilai 0,4 persen sesuai data 90 kota di seluruh Indonesia dan 21 kota pada wilayah Sulawesi Maluku dan Papua.

Berdasarkan urutan ukuran inflasi di daerah, Kota Tual menempati urut keempat sementara Kota Ambon menempati urutan ke-13 dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

“Perkembangan indeks harga konsumen atau inflasi Kota Tual bulan Agustus, untuk Kota Tual tahun ke tahunnya naik, dibanding tahun kemarin di angka 4,68. Kemudian inflasi bulanan, Kota Tual juga terjadi inflasi setelah bulan kemarin mengalami deflasi yang agak dalam sekarang kembali lagi terjadi inflasi, 0,4. Jadi rata-rata harga naik sebesar 0,4 persen dibanding bulan lalu,” terang Nadjibula.

Nadjibula juga menjelaskan, pemicu inflasi daerah terutama berasal dari pengeluaran untuk sarana transportasi udara yang menduduki posisi teratas dengan nilai inflasi sebesar 19,17 persen.

Kemudian, penyediaan makanan dan minuman mencapai 13,04 persen dan urutan ketiga pada kebutuhan rokok dan tembakau pada kalkulasi pemicu inflasi 12,64 persen.

Sehingga pada perbandingan indeks inflasi di 21 kota, wilayah Sulawesi Maluku dan Papua, yang terendah yakni Kota Manado dengan tingkat inflasi 2,06 persen dan tertinggi di Kota Manokwari dengan nilai inflasi 6,40 persen.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar