Marrin News

Sambut HUT RI Ke-78, Pemkab Malra Akan Gelar Kirab Merah Putih

 

Bupati Malra M. Thaher Hanubun memimpin rapat persiapan pelaksanaan kirab merah putih, Rabu (9/8/2023). Foto; Istimewa


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) akan menggelar kirab Bendera Merah Putih di Pulau Kei Besar dan Kei Kecil menjelang HUT ke-78 Republik Indonesia 2023.

Bupati Malra Muhamad Thaher Hanubun mengatakan, pelaksanaan kegiatan kirab adalah mengkirabkan Bendera Merah Putih yang akan dikibarkan pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh masyarakat Maluku Tenggara dalam kemeriahan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia dan meningkatkan euforia masyarakat menyambut Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Tujuan kirab adalah menggelorakan semangat kebangsaan masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara sekaligus membumikan kemerdekaan masyarakat Maluku Tenggara dari ketertinggalan pembangunan khususnya di Pulau Kei Besar," ungkap Hanubun di Kantor Bupati, Rabu (9/8/2023).

Bupati Thaher menjelaskan, kegiatan ini melibatkan unsur Pemerintah Daerah, TNI dan POLRI, Pemerintah Ohoi (desa) dan semua komponen masyarakat Maluku Tenggara.

Sesuai agenda, Bupati Thaher akan melepas peserta kirab yang dimulai dari Ohoi Ohoiraut, Kecamatan Kei Besar Utara Timur pada Sabtu (12/8/2023).

Selanjutnya, peserta kirab berjalan kaki dari lokasi pelepasan menuju Ohoi Haar Ohoimel, Haar Ohoiwait, Haar Wassar, Ohoi Ur. Setibanya di Ohoi Ur, kirab dilanjutkan oleh peserta kirab berkendaraan motor (Komunitas Trial dan Kendaraan lainnya).

Peserta kirab berkendaraan motor bergerak menuju Ohoi Ohoimejang, Ohoi Renfaan, Ohoi Tuburlay, Ohoi Banda Ely (Ohoi Fanwav Bergabung di Ohoi Banda Ely), Ohoi Banda Ui – Ohoi Banda Efruan – Ohoi Watlaar, dan Ohoi Ohoifaruan.

Kemudian Ohoi Ohoifau, Ohoi Hollat (peserta beristirahat sejenak di Ohoi Hollat), dan melanjutkan perjalanan ke Ohoi Hoko, Ohoi Hollay, Ohoi Ohoiwirin Ohoi Tuburngil, Ohoi Kilwair, Ohoi Yamtimur ,Ohoi Reyamru, Ohoi Fako, dan Elat. 

“Untuk kegiatan kirab hari Sabtu di Kecamatan Kei Besar Utara Timur. Lokasi terakhir adalah Ohoi Elat. Peserta akan menginap di Elat," kata Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar