Marrin News

Jelang HUT RI, Pemkot Tual Siap Sukseskan Gerakan 10 Juta Bendera

Foto: istimewa

Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual lewat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) siap menyukseskan “Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih” yang digagas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gerakan tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Melalui siaran pers, Kamis (27/7/2023), Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Tual Salim Nuhuyanan mengatakan, dalam menyukseskan kegiatan ini, pihaknya menggalang partisipasi masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, maupun swasta.

Pembagian Bendera Merah Putih kepada masyarakat di setiap daerah diawali dengan pembagian secara simbolis yang dipimpin secara langsung oleh kepala daerah, untuk kemudian dilanjutkan dengan pembagian kepada masyarakat mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus 2023.

Nuhuyanan menambahkan, sebagaimana arahan Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri, setiap kegiatan yang berkaitan dengan Gerakan pembagian bendera ini di setiap daerah agar dapat didokumentasikan serta dipublikasikan melalui media setempat, baik media cetak, elektronik maupun media online.

Pasalnya, kata dia, ada beberapa persiapan yang akan dikoordinasikan dengan berbagai pihak dalam upaya membangun kematangan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi untuk memastikan kegiatan ini tidak hanya sebagai acara simbolis, tetapi juga memberikan kesan dan pemaknaan terhadap nilai-nilai nasionalisme dan memperkuat rasa cinta terhadap tanah air menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Wali Kota Tual menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 400.10.1.1/1965/SJ tanggal 7 April 2023 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023, dengan menargetkan 1000 Bendera Merah Putih berukuran 90 X 60 cm untuk dilakukan pencanangan pada awal Agustus 2023.

“Kegiatan ini juga nanti dilaporkan kepada Mendagri terkait jumlah bendera yang telah dihimpun dan dibagikan kepada masyarakat,” imbuh Nuhuyanan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar