Marrin News

Buka Pelatihan Pengolahan Abon Dan Bakso Ikan, Bupati Malra Sampaikan Hal Ini

 

Foto: istimewa


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun membuka pelatihan pengolahan abon dan bakso ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Villia Langgur, Rabu (5/7/2023).

Adapun pelatihan ini merupakan program Kementerian Koperasi dan UKM tentang pendidikan dan pelatihan peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan SDM pelaku usaha mikro melalui vokasi di sektor perikanan.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, 5-7 Juli, dengan melibatkan 30 peserta pelaku usaha mikro binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Maluku Tenggara.

Selain narasumber dari pemerintah, Penyelenggara juga melibatkan narasumber dan instruktur dari Politeknik Perikanan Negeri Tual yakni Elizabeth J. Tapotubun dan Rumah BUMN Telkom yaitu Vivi Hahury.

Pada pelatihan ini, peserta belajar mulai dari pengelolaan usaha, manajemen keuangan, desain kemasan, hingga praktek langsung pembuatan abon dan bakso ikan.

Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyambut positif kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, ia memaparkan bahwa Maluku Tenggara memiliki sumber daya perikanan yang potensial dalam mengembangkan ekonomi daerah.

Namun, menurutnya, pemanfaatan potensi ini belum maksimal karena masih memiliki keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaannya.

Sehingga bagi Bupati, kegiatan pelatihan ini sangat mendukung rencana pemerintah dalam melahirkan pelaku-pelaku UKM yang bisa memanfaatkan potensi yang ada dan bersaing dengan daerah lain.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar