Marrin News

Wabup Beruat Jadi Irup Peringatan Harla Pancasila di Malra

 

Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra) menjadi inspektur upacara (Irup) pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Upacara dipusatkan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara, Kamis (1/6/2023). Foto: istimewa


Penulis | Editor: Gery Ngamel


MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com – Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra) Petrus Beruatwarin menjadi inspektur upacara (Irup) pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Upacara dipusatkan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara, Kamis (1/6/2023).

Hadri dalam upacara kali ini, diantaranya Pimpinan Forkopimda, OPD, Tokoh Agama, masyarakat, pemuda dan elemen lainnya. 

Wabup dalam amanahnya menekankan pentignya Peringatan hari hahir Pancasila di setap tanggal 1 Juni. Ia menyatakan, peringatan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilainya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan, walaupun Pancasila telah menyatu kehidupan kita sepanjang republik ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi tidaklah semakin ringan.

Globalisasi dan interaksi antara belahan dunia tidak serta-merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetensi antar pandangan, nilai-nilai dan ideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan strategis,” tuturnya.

Ia menegaskan, Pancasila bukan hanya dihafalkan saat upacara bendera, tetapi juga harus diterapkan di kehidupan nyata, karena sebagai dasar negara, Pancasila mampu mempersatukan seluruh elemen bangsa.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama dan masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif, memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” pungkas Wabup Beruatwarin.

 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar