Marrin News

Malra Sabet Juara Pertama di Dua Ketegori “Genre dan Adujak”

 

Foto; istimewa

Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) kembali mencetak prestasi di tingkat Provinsi Maluku. Kali ini perwakilan dari Bumi Larvul Ngabal memboyong Juara I pada dua kategori pada kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (Adujak) Generasi Berencana (GenRe) Maluku tahun 2023.

Maluku Tenggara boleh disebut juara umum sebab mereka meraih dua dari tiga gelar utama. Maluku Tenggara meraih gelar Juara 1 Duta GenRe Putra, Juara Favorit Duta Genre Putri, serta Juara 1 Jambore Ajang Kreativitas.  

Mereka unggul atas kontingen lainnnya. Kontingen Kota Tual juga tidak ketinggalan. Mereka menoreh prestasi yakni Juara Favorit Duta GenRe Putra, Juara 3 Duta GenRe Putri, dan Juara 2 Jambore Ajang Kreativitas.

Kontingen Kepulauan Tanimbar meraih Juara 2 Duta GenRe Putra, dan juara 1 Duta GenRe Putri.  Sedangkan Ambon meraih juara 3 Duta GenRe Putra, juara 2 Duta GenRe Putri, dan juara 3 Jambore Ajang Kreativitas.

Fernando Anthony Rahayaan tidak menyangka Maluku Tenggara akan meraih Juara I pada dua kategori lomba. Duta GenRe Maluku 2022 itu kembali mewakili Malra mengikuti Adujak 2023, dan meraih Juara I pada Jambore Ajang Kreativitas.

“Bersama Manuela, patner saya di Jambore, sudah dua tahun berturut-turut: 2022 sebagai duta, dan 2023 sebagai pemenang Jambore. Tentunya sangat bangga akan apa yang katong perjuangkan dari tahun 2022 itu terbayarkan,” ungkap Nando, sapaan Fernando Anthony Rahayaan.

Sementara itu Marcelino Warawuru, yang baru saja didapuk sebagai Duta GenRe Maluku 2023, turut merasa senang dan bangga karena telah mewakili Maluku Tenggara. Bagi dia, prestasi ini merupakan tanggungjawab yang berat.

Dengan program yang ia tawarkan, yakni “memberi untuk pengetahuan, membentuk untuk aksi penyebaran”, Marcelino akan melakukan sosialisasi dan membentuk PIK-R di desa-desa. Tentunya dengan menyasar anak sekolah dan remaja sebagai aktor perubahan di desa.

Adujak GenRe Provinsi Maluku 2023 dilaksanakan selama empat hari: tiga hari merupakan masa karantina, dimana peserta mendapat materi dan pendampingan tentang program ketahanan remaja. Hari terakhir adalah Grand Final Adujak GenRe 2023 yang digelar di Ballroom Hotel Santika Premiere, Jumat (2/6/2023).

Kegiatan tersebut melibatkan 22 orang finalis Duta GenRe dan 50 orang peserta Jambore Ajang Kreativitas yang berasal dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) unggulan masing-masing kabupaten/kota di Maluku.

Para peserta berlomba untuk memberikan inovasi dan kreativitas dalam pelaksanaan program kegiatan yang ramah remaja dan pencegahan stunting dari hulu.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar