Marrin News

Bupati MTH dan TP. PKK Malra Tanam Bibit Pohon di Area Sumber Air Matwaer Ohoi Tenbuk

Aksi kegiatan penanaman pohon pelindung di kawasan sumber air Matwaer Ohoi Tenbuk  Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (12/4/2021). Tampa Bupati Muhammad Thaher Hanubun (kiri atas), Ketua TP. PKK Malra Bunda Eva Elliya Hanubun (kanan atas) bersama anggota dan Para Asisten Setda Malra (kiri-kanan bawah). Foto: MN

Penulis: Ghege Ngamel Editor: Ghege

Langgur (Tenbuk), Marrinnews.com - Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun bersama Tim Penggerak PKK melakukan penanaman bibit pohon pelindung di area sumber air Matwaer Ohoi Tenbuk, Kecamatan Kei Kecil Timur, Senin (12/4/2021) kemarin. 

Pelaksanaan penanaman pohon itu dilakukan dengan melibatkan para Asisten Setda, Kepala OPD lingkup Pemkab Malra, anggota TP. PKK serta tokoh masyarakat dan Pemuda. Aksi ini sendiri adalah bentuk kerjasama Tim Penggerak PKK dan Pemerintah Ohoi serta Pemuda Ohoi Tenbuk. 

Bupati Thaher Hanubun mengapresiasi kegiatan yang digagas TP. PKK Malra besutan Bunda Eva Elliya itu. Menurut Thaher, kegiatan tersebut sejalan dengan misi Pemerintah daerah dalam upaya menjaga dan merehabilitasi lingkungan kawasan air bersih. 

Bupati mengatakan, sumber air Matwaer merupakan satu-satunya sumber air di Ohoi Tenbuk yang selama ini melayani kebutuhan masyarakat sekitar. 

Untuk itu, tambah dia, upaya pelestarian  kawasan sumber air dengan melakukan penanaman pohon merupakan bagian dari tanggung jawab sosial yang diharapkan dapat berdampak pada  peningkatan kapasitas ketersediaan  air pada sumber air Matwaer. Sekaligus kelestarian lingkungan dan meminimalisasi pemanasan global. 

Dengan ditanamnya bibit pohon di kawasan sumber air Matwaer, Bupati mengingatkan masyarakat dan terlebih khusus para Pemuda agar menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut. 

"Saya minta kepada Penuda, tolong jaga dan rawat pohon-pohon ini agar tidak dirusaki sehingga kedepannya air senantiasa tersedia. Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati air bersih secara baik. 

Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun sedang memberikan arahan sesaat sebelum kegiatan penanaman pohon dilakukan. Foto: MN

Sarana Air Bersih 

Bupati Thaher Hanubun mengatakan, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin mengoptimalkan layanan ketersediaan air bersih di wilayah Ohoi Tenbuk dan sekitarnya. 

Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku itu mengungkapkan, masyarakat  Ohoi Tenbuk selama ini hanya bergantung pada sumber air Matwaer. 

Kendati demikian, ia menjelaskan, ketersediaan air pada sumber air tersebut sangat terbatas pada musim kemarau, bahkan tidak tergenangi.

Untuk meminimalisasi kondisi itu sendiri, Thaher katakan bahwa berbagai upaya harus dilakukan, salah satunya dengan membangun sarana penampungan air bersih. 

Bupati mengungkapkan bahwa  Pemerintah daerah telah menyediakan anggaran pembangunan sarana air bersih di wilayah Mastur, termasuk Tenbuk. 

Pembangunan sarana air bersih di Ohoi Tenbuk saat ini dalam proses pengerjaan. Sarana ini nantinya akan melayani kebutuhan masyarakat di wilayah Mastur Raya (Ohoi Denwet, Tenbuk, Mastur baru dan Ohoi Mastur Lama). 

Untuk itu, Bupati Thaher Hanubun meminta pihak instansi terkait dapat membangun jaringan perpipaan ke semua rumah warga. 

"Kita akan berusaha agar masyarakat di wilayah ini (Tenbuk dan sekitarnya) bisa turut menikmati air bersih," ujar Thaher. 

Hanubun turut meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program pembangunan air bersih di wilayah itu. 

"Kalau ada yang merasa memiliki hak kepemilikan atas sumber air Matwaer, mari kita duduk bersama dan membicarakannya secara baik, jangan sampai ada yang memasang sasi dan melakukan tindakan lainnya," kata MTH. 

Bupati menegaskan, tak ada satu masalah yang tak bisa diselesaikan. Pastinya semua masalah dapat teratasi, asalkan ada niat, jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik. 

Menurut dia, pemilik sumber air Matwaer telah menyerahkan sepenuhnya sumber air tersebut untuk dikelola demi kepentingan bersama masyarakat sekitar. 

"Yang mengaku punya sudah membuka hati dan alhamdulilahjaringan air telah telah terpasang. Hal itu harus kita syukuri dan kedepannya jangan lagi ada  yang melakukan pencegahan.Yang namanya kepentingan umum, itu jauh lebih penting ketimbang kepentingan pribadi," kata Thaher. 

Ketua Tim Penggerak PKK Maluku Tenggara, Eva Elliya Hanubun berpose bersama Anggotanya sesudah kegiatan penanaman. Foto: MN

Untuk diketahui, selain kegiatan penanaman pohon di kawasan sumber air Matwaer, Ketua TP. PKK Malra, Bunda Eva Elliya Hanubun turut meresmikan kebun dasawisma TP. PKK Ohoi Tenbuk. 

Sebelumnya juga di waktu yang sama, turut dilakukan kegiatan sosialisasi pencegahan korupsi dana desa oleh Kejaksaan Negeri Tual. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis BLT dana desa tahap I tahun 2021 kepada perwakilan masing-masing Ohoi didn't wilayah Kei Kevin Timur. Penyerahan dilakukan oleh Bupati Thaher Hanubun. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar