Marrin News

Bupati Thaher: Pemkab Malra Komitmen Tingkatkan Kualitas Bidan di Malra

 

ilustrasi. Foto: istimewa


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun mengatakan, Pemkab Malra berkomitmen terus berupaya meningkatkan kualifikasi bidan dalam mendukung pelayanan kesehatan di Bumi Larvul Ngabal.

Komitmen ini, menurut Bupati, merupakan kebijakannya selaku kepala daerah yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

Dalam perkembangan, ia menambahkan, penyelenggaraan pendidikan bidan adalah konsekuensi berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan.

UU tersebut mengamanatkan Bidan harus S1/D4 dan memiliki pendidikan profesi paling lambat 7 (tujuh) tahun sejak UU tersebut diundangkan atau paling lambat tahun 2026.

Oleh karena itu, Pemkab Malra bekerja sama dengan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar untuk meningkatkan kualifikasi bida di Maluku Tenggara.

Tepat pada Sabtu 10 Juni, Pemkab Malra mengadakan seleksi bagi para bidan untuk melanjutkan studi di Poltekes Kemenkes Makassar. Seleksi dilaksanakan di Prodi Keperawatan Tual Poltekes Kemenkes Maluku.

“Berdasarkan laporan yang saya terima, jumlah tenaga bidan yang belum D4/S1 berjumlah 201 orang. Dengan mempertimbangkan disiplin, kinerja dan senioritas, saya menetapkan 93 orang. Namun dalam pendataan hanya 84 orang yang mengikuti seleksi (sembilan orang mengudurkan diri),” beber Bupati.

Seleksi ini, lanjut Bupati Hanubun, adalah ketentuan akademik yang wajib diikuti oleh semua peserta.

Selain itu, seleksi ini juga mempergunakan perangkat komputer, mengingat kedepan semua hal sudah menggunakan teknologi informasi.

“Saya berharap, seluruh Bidan yang ikut seleksi ini, dengan pengalaman pengetahuan yang dimiliki mampu berkompetisi dan memperoleh nilai yang terbaik,” pungkas Bupati.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar