Marrin News

Parade Vuvu Yab Yab Iringi Pendaftaran Bacaleg Golkar Malra ke KPU

Aksi parade Partai Golkar Maluku Tenggara ke Kantor KPU, Sabtu (13/4/2023) sore. Foto: Gery Ngamel.

Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Dewan Perwakilan Daerah Partai Golongan Karya (DPD Golkar) Kabupaten Maluku Tenggara bersama kader dan ribuan simpatisan melakukan parade "vuvu yab yab" dari Kantor DPD Golkar di Jalan Soekarno Hatta ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (13/5/2023) sore.

Aksi parade lagu bersejarah bagi partai berlambang pohon beringin di Tanah Kepulauan Kei itu bergema mengiringi perjalanan rombongan Partai Golkar menuju KPU untuk mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg).

"Ning fatnim vuvu yab yab, ning fatnim vuvu yab yab, ning fatnim vuvu yab yab, o fel ya," demikianlah lirik lagu ikonik Golkar Malra dalam bahasa daerah Kei yang nyanyikan berulang kali oleh rombongan kader dan simpatisan selama konvoi.

Untuk diketahui, secara harfiah kata vuvu yab yab dalam bahasa daerah Kei dimaknai sebagai pelindung atau pengayom.

Dalam parade tersebut juga, sejumlah kader partai menyanyikan lagu bernuansa partai dan berorasi menyerukan kebangkitan Partai Golkar di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). 

Hal itu sebagai wujud kegembiraan kader dan simpatisan sekaligus momentum kebangkitan Golkar di Maluku Tenggara. Sebab Golkar di Maluku Tenggara tak memiliki kursi di parlemen pada periode pemilu sebelumnya.

Mengenakan atribut serba kuning dengan diiringi Drum Band SMA Seminari Langgur, pengurus hingga simpatisan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju ke KPU setempat. Mereka dipimpin Ketua DPD Partai Golkar Malra Agrapinus Rumatora.

Rombongan tiba sekitar pukul 15.22 WIT di Kantor KPU Malra dan diterima langsung oleh Komisioner KPU. Setelahnya Ketua DPD Golkar bersama 10 perwakilan partai menuju lantai dua Gedung KPU Malra untuk melakukan pendaftaran bacalegnya.

Usai pendaftaran, Rumatora memastikan administrasi atau dokumen bacaleg dari Golkar lengkap dan diterima KPU.

DPD Golkar Malra mendaftarkan sebanyak 25 bacaleg dari tiga dapil dan keterwakilan perempuam telah memenuhi kouta 30 persen.

Partai Golkar Malra menjadi partai ke sepuluh yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU pada hari ke-13, setelah Partai Gerindara dan 8 partai lainnya.

"Kami berterima kasih dan puji syukur, berkas yang kami ajukan dinyatakan lengkap dan diterima," kata Nus, sapaan akrab Ketua DPD Golkar Malra kepada wartawan.

Nus menekankan, tahapan pendataran yang telah dilalui ini merupakan langkah awal mereka untuk bertarung pada kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Ia pun menargetkan Golkar Maluku Tenggara  meraih enam kursi di parlemen. Nus bahkan optimistis bisa merebut kembali kejayaan Golkar di Bumi Maluku Tenggara.

"Niat saya dari awal saat pelantikan kemarin, saya hadir disini untuk mengembalikan kejayaan Partai Golkar. Oleh karena itu, target saya di 2024, Golkar harus enam kursi. Partai Golkar harus rebut kembali supaya cari pimpinan sejati di Kabupaten Maluku Tenggara ini adalah di Partai Golkar," cetus Nus.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar