Marrin News

Dikawal Ratusan Simpatisan, NasDem Malra Daftar Bacaleg ke KPU

Arak arakan konvoi rombongan DPD Partai NasDem Maluku Tenggara saat mendaftar bacaleg ke KPU, Kamis (11/5/2023). Foto: Gery Ngamel.

Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRInews.com - Dewan Perwakilan Daerah Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) telah mendaftarkan  anggotanya jadi bakal calon anggota legislatif ke KPU. 

Pendaftaran oleh NasDem Malra pada Kamis, 11 Mei 2023 mendapat pengawalan dari ratusan simpatisan.

Adapun Partai NasDem Maluku Tenggara menjadi partai ketiga yang mendaftar di KPU, setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PDI Perjuangan.

Pantauan, rombongan kader dan simpatisan berarak konvoi dari Kantor Sekretariat DPD NasDem dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Iring-iringan tifa gong khas Kei juga turut mewarnai  perjalanan rombongan mendatangi KPU.

Rombongan DPD NasDem tiba dan disambut di kantor KPU yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta Malra, sekitar pukul satu siang WIT. Rombongan dipimpin Ketua DPD Malra Anderias Rentanubun.

Ketua DPD Partai NasDem Malra, Anderias Rentanubun mendaftarkan 24 Bacaleg dan berkasnya semua sudah diserahkan.

Namun demikian, berdasarkan hasil verifikasi KPU setempat, status pendaftaran Partai NasDem Malra dinyatakan belum lengkap dan masih harus menambah satu bacaleg.

Rentanubun menyebut kekurangan bacaleg tersebut yakni dari daerah pemilihan dua Maluku Tenggara. Sementara kouta untuk dapil satu dan tiga sudah terpenuhi.

“Di dapil dua masih kekurangan satu bacaleg karena satu bacelag yang sudah terdaftar mengundurkan diri,” jelas Andre kepada wartawan usai pendaftaran di KPU Malra.

Andre lanjut mengungkapkan bahwa secara nasional proses admnistrasi Partai NasDem di Sistem Informasi Pencalonan atau Silon belum disubmit oleh DPP. 

Kendala tersebut lantas membuat data Silon DPD NasDem Malra belum bisa diperiksa KPU.

“Karena data kita belum disubmit, maka KPU belum bisa memeriksa Silon-nya. Sehingga status DPD NasDem saat ini dianggap belum lengkap,” jelas Andre.

“Sehari dua akan kami lengkapi. Dan sesegerah mungkin setelah DPP memerintahkan kami untuk submit, maka kami bisa hadir di KPU lagi untuk verifikasi data silonnya,” kata Andre menambahkan.

Ketua DPD NasDem Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan pendaftaran di KPU Malra. Foto: Gery Ngamel.

Target Enam Kursi

Partai NasDem Maluku Tenggara menargetkan enam kursi dari tiga dapil. Bahkan mereka bakal bertarung habis-habisan pada Pemilu 2024 mendatang untuk mencapai pucuk tertinggi kursi parlemen. 

Namun begitu, Kalau pun nanti target tidak tercapai, Andre memastikan bahwa pihaknya akan tetap lapang dada.

“Kita berusaha semaksimal mungkin. Kalau memang bisa enam kursi, ya enam kursi. Kalau bisa lebih, bersyukur,” cetus Andre.

Foto: Gery Ngamel.

Kouta Perempuan Terpenuhi

Andre mengungkapkan bahwa proses rekrutmen bakal calon legislatif di Partai NasDem dilakukan secara internal dan eksternal. Penjajakan bakal calon juga dilakukan secara terbuka sejak tahun 2022.

“Jadi kita jajaki 200 persen. Tetapi setelah perjalanan, kita turunkan menjadi 120 persen. Dan 120 persen itulah yang memberikan data-data pribadinya untuk kita verifikasi dan hadapkan ke DPW dan DPP untuk diplenokan yang masuk dalam daftar calon sementara,” imbuh dia.

Sementara itu,untuk keterwakilan perempuan pada pencalegan kali ini, Andre memastikan telah memenuhi kouta 30 persen.

“Kouta perempuan dapil satu 4 orang, saya kira sudah lebih sekali. Dapil dua, sementara 3 orang karena satu yang keluar (undur diri) akan kita ganti dengan perempuan supaya 4. Dan dapil tiga 2 perempuan, sudah lengkap,” pungkas Andre.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar