Marrin News

BMKG Maluku Gelar SLCN di Maluku Tenggara

 

Foto: istimewa


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com – BMKG Provinsi Maluku menggelar kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara (Malra), Senin (29/5/2023).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Malra Martinus Mon mewakili bupati, membuka kegiatan tersebut.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan tipa oleh Bupati Malra dan Deputi Bidang Meteorologi BMKG yang diwakili Koordinator BMKG Maluku Djati Cipto Kuncoro, serta penyematan tanda pengenal bagi dua orang perwakilan peserta.

Adapun kegiatan SLCN ini bertujuan memberikan pengetahuan terkait layanan informasi cuaca dan iklim maritim dari BMKG dan informasi terkait Prakiraan Peta Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) yang berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, produk informasi cuaca dari BMKG memuat berbagai batasan kriteria, terminologi, serta istilah teknis yang terkadang sulit dipahami oleh para pengguna terutama pada sektor perikanan dan kelautan.

“Implikasinya adalah pemanfaatan informasi tersebut belum optimal bahkan seringkali terjadi kesalahan dalam interpretasi,” kata Bupati.

Sebab itu, Bupati Malra menyambut baik kegiatan ini. Baginya, ini adalah kegiatan yang nyata bagi nelayan agar nelayan semakin paham tentang cuaca.

Ia harap para narasumber dari BMKG dapat memberikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang cara memahami informasi cuaca agar nelayan dapat bekerja di laut dengan aman.

“Saya harap kegiatan ini dapat menjadi media pertukaran pengetahuan, informasi, diskusi, dan ajang berbagi pengalaman dari para narasumber, penyuluh perikanan, dan stakeholder terkait,” ujar Bupati.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar