Marrin News

Pemkot Tual Salurkan Bantuan Pangan Pemerintah untuk Warga Kurang Mampu

Foto: TM

Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com –  Pemerintah Kota (Pemkot) Tual kembali menyalurkan bantuan Pangan Pemerintah Tahun 2023 untuk keluarga yang dinilai kurang mampu di Kota Tual.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan, bertempat di Aula Kantor Walikota Tual, Selasa (11/4/2023).

Wali Kota menjelasakan, program ini merupakan langkah strategis sebagai wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk dapat mengakses keterjangkauan pangan secara cuma-cuma tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Ditambahkan, keterjangkauan masyarakat secara ekonomi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan dan daya beli, sedangkan keterjangkauan secara fisik merupakan issu dalam penyiapan pangan oleh pemerintalh dititik terdekat dari masing-masing rumah tangga/keluarga.

Oleh karena itu, lanjut kata Wali Kota bahwa kegiatan penyediaan bantuan pangan pemerintah tahun 2023 di Kota Tual harus dilakukan secara baik dan transparan. Selain membantu meredam gejolak inflasi di sektor pangan juga dapat meningkatkan akses keterjangkauan pangan bagi masyarakat mulai dari dalam kota hingga ke desa-desa dari daratan Pulau Dulah hingga ke pelosok Tayando-Tam dan Kur-Mangur.

“Program penyaluran Bantuan Pangan Pemerintah Tahun 2023 ini merupakan kebijakan nasional yang di laksanakan secara terpadu dengan melibatkan unsur Bulog sebagai penyedia pangan, Kementerian Sosial Sebagai Penyedia Data Penerima Bantuan/KPM yang bersumber dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota,” ujar Adam.

Sedangkan PT.Pos sebagai Penyalur Bantuan Pangan dan tentunya Dinas Ketahanan Pangan sebagai komponen Pemerintah Daerah yang akan turut mengorganisir Proses Penyaluran Bantuan Pangan ini agar dapat berjalan dengan baik, tertib, aman, sesuai dengan target dan tepat sasaran.

” Saya mengharapkan agar proses penyaluran kegiatan Pangan Pemerintah dilakukan secara koordinatif sehingga tujuan penyalurannya betul-betul sampai pada warga penerima. Apalagi, moment saat ini adalah bulan puasa dan sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri sehingga penyaluran bantuan ini diharapkan sedikit dapat mengurangi beban pengeluaran bagi keluarga penerima, “jelasnya.

” Saya pun menginstruksikan kepada Para Camat, Lurah. Kepala Ohoi/Ohoi Soa Para Ketua Lingkungan RT/RW agar dapat mengambil langkah taktis agar Penyaluran Bantuan ini dapat secepat mungkin diketahui dan tiba sampai di keluarga Penerima Manfaat
Tual, ” ungkap Walikota.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar