Marrin News

Pemkab Malra Buka Pasar Pangan Murah, Berikut Daftar Harga Komoditi

Suasana hari pertama pasar pangan murah yang diselenggarakan Dinas Ketapang Maluku Tenggara di halaman kantor dinas setempat, Senin (3/4/2023). Foto: Gery Ngamel.

Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) membuka pasar pangan murah di jalan Soedirman Langgur.

Gerakan pangan murah (GPM) ini digelar untuk menjaga stabilitas pasokan komoditas sembako dan pangan lainnya dengan harga terjangkau selama bulan suci Ramadhan 2023.

"Selain itu, juga untuk mengendalikan tingkat inflasi daerah Kabupaten Maluku Tenggara," kata Kepala Dinas Ketapang, Arifin Rahayaan pada acara pembukaan GPM, Senin (3/4/2023).

Pasar murah tersebut akan dibuka selama empat hari, mulai 3-6 April 2022, berlokasi di halaman Kantor Dinas Ketapang dan Dinas Pertanian Maluku Tenggara.

Adapun komoditi yang dipasarkan yakni ayam kampung, ayam ras, ayam beku, telur ayam kampung dan ras, beras medium dan premium, gula, minya goreng, bawang merah dan bawang putih, cabe merah dan cabe hijau, sayuran serta ikan segar.

Harga dari setiap komoditi sangat bervariatif dan lebih murah dibanding harga pasar. Untuk ayam kampung hidup dijual Rp45 ribu per ekor, ayam ras hidup Rp43 ribu per ekor. 

Sedangkan daging ayam beku 1,2kg Rp41 ribu, ayam beku 1,3kg Rp43 ribu, ayam beku 1,4kg Rp46 ribu. Ada juga daging ayam beku dijual Rp35 ribu per kilogram, dan telur ayam kampung Rp39 ribu/rak.

Sementara untuk produk gula dijual Rp.15ribu per kilogram, minyak goreng Rp.14ribu per kilogram, bawang merah Rp50 ribu per kg, bawang putih Rp35 ribu per kg, dan cabe hijau Rp40/kg.

Gerakan pangan murah ini juga didukung oleh Alfamidi, GOTA Supermarket dan pedagang UMKM. Di stand Alfadmidi, paket sembako dijual dengan harga murah, mulai dari Rp4 ribu hingga Rp149 ribu.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar