Marrin News

Mulai 1 Mei, KPU Tual Buka Pendaftaran Caleg Pemilu 2024

Foto: istimewa.


Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Komisi Pemilihan Umum menjadwalkan pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 di Kota Tual, Maluku mulai dibuka pada 1-14 Mei 2023 mendatang.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Tual Ibrahim Faqih dalam lembaran pengumuman nomor 71/PP.01.1/8172/2023.

Faqih menerangkan, pengajuan daftar bacaleg akan dibuka pada 1-13 Mei 2023 di jam kerja atau dari pukul 08.00 hingga16.00 WIT. Pengajuan akan ditutup 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIT.

"Pengajuan dilakukan di Kantor KPU Tual di Jalan Baru Mangon," tulis Faqih.

Faqih lanjut menerangkan, partai politik dapat mengajukan dan mendaftarkan bakal calon anggota DPRD dengan ketentuan bahwa surat pengajuan menggunakan formulir Model B-Pengajuan Parpol dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang di unggah di Silon.

Sementara untuk daftar bakal calon menggunakan formulir Model B disertai foto diri terbaru. Dan dilampiri juga dokumen persetujuan pengajuan bakal calon yang di tandatangani oleh Ketum parpol peserta pemilu atau sekjen atau nama lain yang sah sesuai dengan keputusan Menkumham.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa partai politik pada kepengurusan tingkat Kota Tual dapat mengajukan bakal calon anggota DPRD, apabila telah mendapatkan persetujuan dari Ketum parpol atau sekjen atau nama lain yang sah.

"Jika ketum parpol Kota Tual tidak dapat hadir, bisa diwakilkan oleh pengurus lain dengan menyertakan surat kuasa," terang Faqih.

Sementara itu, KPU Tual akan melakukan verifikasi dokumen persyaratan bakal calon dan akan mengembalikan jika belum memenuhi kelengkapan.

”Dokumen yang dikembalikan bisa didaftarkan kembali hingga batas akhir pendaftaran,” kata Faqih.

Adapun dokumen surat pengajuan dan daftar bakal calon dapat diunduh di laman https://silon.kpu.go.id.

Untuk layanan informasi terkait dapat menghubungi KPU Kota Tual melalui Yuni (081230316251) atau via email kotatualkpu@gmail.com.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar