Marrin News

KPK Sebut Kota Tual Predikat Terbaik Soal Cegah Korupsi

Foto: TM

Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melalui Tim Satgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V menyebut, Kota Tual memiliki komitmen dalam upaya pencegahan korupsi. Hal itu dilihat dari capaian Kota Tual yang mendapat predikat nilai tertinggi se-wilayah Maluku untuk pencegahan korupsi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Satgas Korsup Wilayah V, Dian Patria usai menggelar rapat koordinasi bersama Pemerintah Kota Tual dalam rangka menyampaikan hasil evaluasi Monitoring Centre Prevention (MCP) untuk Kota Tual Tahun 2022 di Aula Kantor Walikota Tual, Senin (3/4/2024).

”Kalau Kota Tual itu secara pencegahan MCP itu terbaik dan tertinggi di Maluku bahkan di Indonesia secara Nasional itu urut 34,“ kata Dian.

Untuk pencegahan Korupsi, lanjut kata dia, sejak tahun 2021 Kota Tual juga dinilai tertinggi dan capaian MCP Tahun 2022 meningkat sehingga capaian 95,26 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tual hingga saat ini masih pertahanan capaian tertinggi di Maluku, “ terang Dian.

Diakui bahwa Fareyabel yang dinilai antara lain, perencanaan dan penganggaran APBD, BPJ, Perizinan, Pengawasan APIP, Optimalisasi Pajak Daerah, Manejemen Aset Daerah dan Tata Kelola Keuangan Desa.

”Semoga Tual tetap pertahanan capaian ini, diharapkan kedepan lebih baik lagi dan jangan sampai ada udang dibalik batu, didepan bagus tapi dibelakang masih ada kekurangan lah,“ uajrnya

Manurut dia, capaian yang diperoleh Kota Tual ini merupakan komitmen Kepala Daerah dalam rangka pencegahan terjadi korupsi di lingkup Pemkot Tual,” ini karena komitmen pimpinan, dan tanpa komitmen semua ini tidak jalan,”ucapnya.

Adapun Kegiatan rakor ini dihadiri oleh Sekda Kota Tual, A. Yani Renuat, unsur DPRD Kota Tual, Para OPD lingkungan Pemkot Tual, para camat, Kepala Desa dan sejumlah kantor vertikal yang di Kota Tual.


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar