Marrin News

Bantuan CBP untuk 11ribu KPM di Malra Mulai Disalurkan

Acara penyerahan bantuan CBP untuk KPM di Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (10/4/2023). Foto: Ketty Remetwa.


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Perum Bulog bersama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) mulai menyalurkan bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk 11.344 keluarga penerima manfaat di daerah tersebut.

Awal penyaluran CBP di wilayah Maluku Tenggara ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati M. Thaher Hanubun kepada 10 KPM di Aula Kantor Bupati setempat, Senin (10/4/2023).

Selanjutnya, bantuan pangan beras tersebut disalurkan melalui Kantor Pos Tual.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maluku Tenggara, Arifin Rahayaan mengatakan bantuan pangan ini akan dilakukan selama tiga bulan (Maret, April, Mei 2023) secara bertahap dengan sasaran 11.344 masyarakat Maluku Tenggara.

"Setiap KPM memperoleh bantuan sebanyak 10 kilogram per bulan dengan kualitas beras CBP medium," sebut Arifin.

Sementara itu, Bupati Thaher Hanubun menjelaskan bahwa pemberian bantuan pangan ini adalah langkah pemerintah untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi.

"Penerima bantuan pangan ini adalah keluarga yang mengalami rawan pangan, miskin, stunting dan gizi buruk, terkena dampak keadaan darurat, fluktuasi harga, dan dampak inflasi yang menjadi sasaran penerima Bantuan Pangan menggunakan CPP," kata Bupati dalam sambutanya pada acara penyerahan CBP di Kantor Bupati.

Thaher lanjut menegaskan kepada organisasi perangkat daerah dapat melakukan pengecekan terhadap kualitas bantuan pangan yang akan diserahkan oleh depot logistik (Dolog).

"Apabila pada saat pemeriksaan di gudang layanan ditemukan kuantitas, mutu dan keamanan pangan tidak sesuai, maka bantuan tersebut tidak dapat disalurkan. Dolog harus mengganti dengan pangan lain yang ada di gudang layanan," pungkas Bupati Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar