Marrin News

Sekda Yani Minta Dinkes Malra Tangani Masalah Kesehatan Ibu dan Bayi

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Yani Rahawarin menyampaikan arahannya dalam kegiatan Advokasi Audit Maternal Perinatal Respon (AMPSR) di Lantai dua Ballroom Aurelia Kimson Hotel, Selasa (21/3/2023)


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Advokasi Audit Maternal Perinatal Respon (AMPSR) di Lantai dua Ballroom Aurelia Kimson Hotel, Selasa (21/3/2023)

Sekertaris Daerah Ahmad Yani Rahawarin dalam arahannya mengatakan salah satu tujuan Rencana Pembangunan Nasional adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Upaya sektor kesehatan masyarakat berfokus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar, dengan meningkatkan upaya promotif dan preventif yang didukung oleh teknologi dan inovasi.

Strategi tersebut diharapkan dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi, prevalensi stunting pencapaian indikat kesehatan lainnya.

Rahawarin mengungkapkan data angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Maluku tenggara rendah di bandingkan target nasional di tahun 2024, Ia katakan pemda akan terus berupaya untuk menekan angka kematian.

Menurut Sekda penelusuran AMPSR ini bertujuan untuk mengeleminasi kematian ibu dan kematian perinatal yang dapat dicegah dengan mengumpulkan data informasi dari setiap kematian ibu dan perinatal.

Diakhir arahan Sekda berharap kinerja dan upaya bersama Dinas Kesehatan Malra dalam menangani masalah kesehatan ibu dan bayi yang terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara.

Diketahui Audit Maternal Perinatal Respon (AMPSR) merupakan upaya surveilans kematian maternal dan perinatal, serta penentuan upaya korektif atau respon berdasarkan temuan faktor penyebab yang dapat dicegah atau yang di hindari. Audit Maternal Perinatal Surveilans Respon ini sangat penting agar dapat menekan angka kesakitan dan angka kematian sekaligus sebagai upaya percepatan penurunan stunting.

Kegiatan AMPSR ini berkerjasama dengan UNICEF Provinsi Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan Ikatan Bldan Indonesia Provinsi Maluku. Pelaksanaan kegiatan ini sudah menjadi Rekomendasi Global dalam upaya penurunan kematian ibu dan bayi baru lahir.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar