Marrin News

Sekda Buka Forum Konsultasi Publik RPD dan RKPD Tual 2024-2026

 

Foto: TM

Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tual A. Yani Renuat membuka Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Daerah Kota Tual 2024-2026 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kota Tual Tahun 2024.

”Saya yakini kehadiran kita bersama memiliki semangat dan tujuan yang sama yaitu untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kota Tual, ” kata Sekda saat membacakan sambutan Wali Kota Tual pada Forum Konsultasi Publik RPD dan RKPD 2024-2026 di aula Kantor Walikota Tual, Jumat (31/3/2023).

Menurut Renuat, tahun ini adalah tahun terakhir periode RPJMD Kota Tual Tahun 2018-2023. Karena itu, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2022 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Bagi Daerah Dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir Pada Tahun 2023 dan Daerah Otonom Baru, maka kita perlu menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) sebagai dasar pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Tahun 2024 sampai dengan 2026.

Olehnya itu, kata Sekda, pelakasanaan forum konsultasi publik ini merupakaan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RPD maupun RKPD.

Hal ini berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Ditambahkan, Forum ini sebagai media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD), yakni sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

”Melalui pelaksanaan Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan untuk tahun 2024 sampai dengan 2026,” jelasnya.

Ia menyatakan. Forum Konsultasi Publik ini mempertegas rumusan prioritas dan sasaran pembangunan agar sejalan dengan prioritas dan sasaran
pembangunan nasional dan provinsi dengan tetap memperhatikan kondisi daerah kita.

”Oleh karena itu, saya harap pada kesempatan yang sangat strategis ini dapat menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif memberikan masukan dan kritik, guna penyempurnaan rumusan prioritas dan sasaran pembangunan RPD maupun RKPD 2024,”ungkapnya.

Disisi lain, Renuat menyebut proses pelaksanaan agenda nasional yakni Pemilihan Umum Legislatif, Kepala Daerah dan Presiden tahun 2024 akan dimulai. Ia pun menghimbau agar bersama kita jaga ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat di Kota Tual.

”Kepada seluruh pemangku kepentingan yang hadir, saya ucapkan selamat menjalankan amanah seluruh warga dan masyarakat Kota Tual melalui Forum Konsultasi Publik di hari ini. semoga apa yang telah dan akan kita lakukan melalui kegiatan
ini,“ tandas Sekda.

 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar