Marrin News

Paripurna Lepas Jenazah Anggota DPRD Malra Pit Elmas: Beliau Sosok Pejuang yang Teguh

Momen Paripurna istimewa penghormatan terakhir dan pelepasan jenazah anggota DPRD Maluku Tenggara Petrus Elmas,  di ruang sidang utama DPRD Maluku Tenggara, Selasa (28/3/2023). Foto: istimewa.


Penulis | Editor : Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dari Partai PKPI, Petrus Elmas meninggal dunia pada 27 Maret 2023 sekitar pukul 21.15 WIT. Jenazah Pit, sapaan akrab Petrus Elmas kemudian disemayamkan sejenak di dalam ruang paripurna DPRD sebelum dihantar ke kampung halamannya.

Di sana, di gedung DPRD, rekan sejawat hingga pejabat tinggi daerah memberi penghormatan terakhir kepada sang almarhum. 

Paripurna istimewa pelepasan Pit Elmas dipimpin langsung Ketua DPRD Malra Minduchri Koedoebon. Minduchri menyampaikan belangsungkawa dan mengenang Pit sebagai sosok yang cerdas dan bertanggungjawab.

"Beliau adalah sosok yang patut kita contohi. Bagaimana dirinya dengan begitu baik, disiplin dan selalu kooperatif dalam membahas suatu permasalahan di masyarakat dan mencari penyelesaiannya melalui ide dan gagasan yang pro kepada rakyat," kata Minduchri saat menyampaikan sambutan, Selasa (28/3/2023).

"Almarhum Bapak Petrus Elmas juga sosok cerdas, ramah dan penuh tanggungjawab. Bahkan disaat sakit, beliau masih terus melaksanakan tugas kedewanannya, baik secara langsung dalam rapat-rapat dan turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi yang kemudian dijadikan sebagai pokok-pokok pikiran DPRD," ujar Minduchri menambahkan.

Pit disebut mengalami sakit dan menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Karel Sadsuitubun Langgur.

Pit tercatat menjabat anggota DPRD Maluku Tenggara selama tiga periode, terhitung 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024. Dia terpilih dari daerah pemilihan (dapil) tiga, Malra.

Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun ikut melepas jenazah Pit. Dia turut menyampaikan belangsungkawa dari elemen birokrasi Maluku Tenggara.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyampaikan dukacita sedalam-dalamnya. Bapak Pit semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang sangat baik. Saya mengenal beliau secara pribadi sebagai seorang pejuang yang teguh," tutur Thaher.

"Bapak Pit pergi dengan meninggalkan jejak-jejak pengabdian yang akan selalu dikenang," ucap Bupati berurai air mata.

Sebagai kepala daerah, Thaher menyampaikan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas karya dan dedikasi Pit Elmas semasa menjabat anggota DPRD. Bupati mendoakan jenazah Pit.

"Jasa dan karya-karya beliau dalam ikut membangun daerah ini patut kita kenang. Kita semua mendoakan, semoga jiwa almarhum bapak Pit Elmas diterima di tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa," kata orang nomor satu Bumi Larvul Ngabal itu.

"Sekali lagi terima kasih untuk semua jasa dan pengabdian bagi daerah ini. Selamat jalan Bapak Petrus Elmas," tandas Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar