Marrin News

Karakter Siswa di Malra Harus Diberi Perhatian Serius

 

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun. Foto: istimewa

Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Forum perangkat daerah adalah ruang partisipasi, implementasi dari pendekatan top down dan buttom up, serta sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan musrenbang di kecamatan.

Ketegasan tersebut disampaikan Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun disela-sela kegiatan forum OPD bidang Pendidikan di Langgur, Kamis (16/3/2023).

Bupati Hanubun menjelaskan, forum ini juga berperan untuk sinkronisasi dan klarifikasi usulan kecamatan dalam hubungan dengan kebijakan yang ditetapkan.

Sebagai forum antar pemangku kepentingan, forum ini harus menjadi wadah saling konfirmasi, saling sinergi dan saling cross check. Informasi terkait kebutuhan masyarakat harus disampaikan secara jelas.

Dalam hal peningkatan kualitas pelayanan pendidikan,  beberapa hal yang masih perlu untuk menjadi perhatian adalah hal-hal yang berkaitan dengan persebaran dan pemerataan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.

Menurut Bupati, hari ini masih terjadi kelangkaan guru di beberapa sekolah, sedangkan di sekolah lainnya terjadi penumpukkan.

Permasalahan ini harus dapat segera ditangani. Kebutuhan minimal guru di sekolah adalah hal-hal yang perlu diperhatikan, termasuk beberapa kasus, ada sekolah yang guru ASN tidak menetap.

“Hanya guru honorer yang setia melaksanakan tugas di sekolah. Ini adalah masalah, yang semakin membuat kesenjangan pelayanan pendidikan semakin lebar, antara sekolah di kota dan pedesaan. Pihak Dinas harus tegas danmemastikan permasalahan-permasalahan ini terselesaikan,” ungkap Bupati.

Tahun 2021 di seluruh Malra masih ditemukan siswa putus sekolah. Ini adalah hal yang sangat meyedihkan. Bagaimana caranya negara harus hadir untuk hal-hal seperti ini.

“Karena alasan ekonomi maka anak-anak harus dikorbankan. Saya kira, hal-hal semacam ini jangan sampai terulang,” ujar Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar