Marrin News

Intip Ekspektasi Bupati Malra untuk 200 Peserta Latsar CPNS 2023

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun saat memberikan arahan kepada 200 CPNS yang akan mengikuti Latsar 2023 di Kota Ambon. Arahan diberikan dalam acara pelepasan peserta Latsar di Aula Kantor Bupati Malra, Senin (13/3/2023). Foto: istimewa.

Penulis | Editor : Gerry Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRInews.com - Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun menaruh harapan besar untuk 200 CPNS Maluku Tenggara yang akan mengikuti pelatihan dasar (Latsar) tahun 2023 di Kota Ambon.

Bupati Thaher mengatakan, ke-200 CPNS dari Malra ini adalah aset penting pemerintah daerah dan masyarakat. Berbagai tahapan telah mereka tempuh untuk menjadi seorang CPNS.

Kini, lanjut kata Thaher, karakter mereka akan ditempah melalui pelatihan dasar. 

"Latsar ini diarahkan pada pembentukan karakter. Sehingga diharapkan memiliki sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dalam melaksanakan tugas, aktualisasi kedudukan dan peran PNS serta penguasaan kompetensi teknis," ujar Bupati Thaher saat melepas peserta Latsar CPNS Malra di Aula Kantor Bupati setempat, Senin (13/3/2023).

Bupati menekankan Latsar adalah fase awal pengabdian seorang PNS sebagai pelayan masyarakat.

Dengan begitu, ia berharap agar Latsar tidak dianggap rutinitas semata untuk memperoleh sertifikasi pengangkatan sebagai PNS.

"Untuk itu, selama proses pembelajaran, saya minta seluruh peserta serius dan penuh kedisplinan selama mengikuti seluruh proses pembelajaran," imbuh Thaher.

Bupati juga meminta pihak BKPSDM Malra terus memantau pelaksanaan Latsar. "Serta melaporkan perkembangannya kepada saya," imbuhnya.

Bupati kembali menegaskan, menjadi ASN adalah wilayah pengabdian. Sehingga perlu perubahan mindset bahwa menjadi ASN bukanlah didasari motif ekonomi setama, namun pada pengabdian.

"Berbagai regulasi dan paradigama penyelenggaraan pemerintahan terus mengalami perubahan. Tantangan kita kedepan semakin berat untuk mampu memberikan pelayanan publik yang terbaik," ujar dia.

"Untuk itu, kita sangat membutuhkan ASN yang profesional, berkepribadian dan berwawasan nasional serta kompeten dalam tugas jabatan sesuai kebutuhan organisasi," pungkas Bupati Thaher.

Sebagai informasi, 200 CPNS Malra akan diberangkatkan pada 14 Maret 2023 dari Langgur menuju Kota Ambon untuk mengikuti Latsar. Latsar itu sendiri dijadwalkan berlangsung dari 16 Maret hingga 24 Mei 2023.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar