Marrin News

Percepatan Vaksinasi di Malra: Warga Diberi Door Prize, Jajanan Gratis Hingga Dihibur Naruwe

Ribuan warga tampak memadati ruang Gedung Serbaguna Larvul Ngabal pada pelaksanaan vaksinasi serentak di Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (23/12/2021). Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Program percepatan vaksinasi Covid-19 secara serentak dilakukan di seluruh wilayah NKRI, tak terkecuali di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). Walau begitu, gebyar vaksinasi massal di negeri berjuluk Larvul Ngabal itu dalam kurun waktu 3 hari terakhir ini sangatlah berbeda.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara berkolaborasi bersama Polres Tual dan Kodim 1503 Tual memberikan pelayanan vaksinasi gratis, sajian makanan gratis, sembako gratis hingga suguhan musik, tari modern, dan lantunan lagu dari penyanyi beken.

Vaksinasi massal tersebut berpusat di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal, jalan Soekarno-Hatta Langgur. Adapun kegiatan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 21-23 Desember 2021. Percepatan menargetkan 3000 orang per tiga hari untuk seluruh kalangan usia, dari mulai 12 tahun hingga lansia.

Vaksinasi massal dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Malra ke 69 itu juga, diprioritaskan untuk penerima pemula (dosis satu). Terdapat tiga jenis vaksin yang diberikan sekaligus, yaitu Sinovac, Astrazeneca dan Moderna. Hal ini untuk mempercepat program vaksinasi yang ditargetkan pemerintah agar warga memiliki kekebalan komunal.

Kapolres Tual AKBP Dax Emanuelle Samson Manuputty menyatakan optimis target 70 persen warga Maluku Tenggara divaksinasi di Maluku dapat tercapai diakhir bulan Desember 2021 nanti. Hal itu, kata dia, terlihat dari ribuan warga yang memadati Gedung Serbaguna Larvul Ngabal selama tiga hari.

Berdasarkan pantauan Marrinnews.com, ribuan warga terlihat memadati pusat lokasi vaksinasi. Mereka bahkan sudah mengantre sejak pagi hari. Jumlah tersebut bahkan tampak tak seperti pelaksanaan vaksinasi sebelumnya.

“Vaksinasi massal di Malra sudah berlangsung tiga hari. Antusiasme warga sangat luar biasa, tentu bahwa dengan kondisi seperti ini, tiap hari sasaran semakin bertambah. Dengan demikian, target kita untuk Kabupaten Maluku Tenggara di tanggal 31 Desember 2021 nanti dapat tercapai 70 persen,” ungkap Manuputty.

Kapolres Tual AKBP Dax Emanuelle Samson Manuputty, didampingi Kabid P3M Abdullah Aziz saat diwawancarai awak media di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal. 
Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Malra Abdullah Aziz menyebut jumlah penerima vaksinasi hari pertama sebanyak kurang lebih 522 jiwa, dan hari kedua sebanyak 704 jiwa. Sedangkan di hari ketiga mengalami peningkatan hingga mencapai kurang lebih 1.100 orang penerima vaksin dosis satu.

“Antusias warga sangat tinggi, itu terbukti dari jumlah sasaran penerima yang terus meningkat hingga hari terakhir (hari ketiga) pelaksanaan vaksinasi massal ini,” ujar Aziz.

Dari tambahan jumlah sasaran tersebut, Aziz sebut capaian kumulatif penerima vaksinasi di Maluku Tenggara, tertanggal 23 Desember 2021 telah mencapai kurang lebih 64.000 orang atau 67 persen dari target sasaran 93.569 jiwa.

Pihaknya berharap seluruh elemen berpartisipasi mendukung percepatan vaksinasi di Maluku Tenggara, sehingga target 70 persen tercapai di akhir tahun nanti. Dengan begitu pula,  hard immunity atau kekebalan kelompok bisa terpenuhi.

“Kita harus optimis, target 70 persen bisa tercapai. Oleh karenanya juga sebagaimana harapan Bapak Bupati, maka kita semua harus bergandengan tangan untuk mendongkrak capaian vaksinasi di Maluku Tenggara,” pintah Plt. Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur.

Aziz menjelaskan, pemberian vaksin selama tiga hari itu diprioritaskan untuk penerima dosis satu. Sementara untuk dosis dua, akan kembali dibuka pada 27 Desember 2021.

“Apabila nanti ada lansia maupun ibu hamil yang hendak menerima vaksin dosis dua, pasti akan kita layani,” imbuhnya.

Ia memastikan stok ketersediaan dosis vaksin di Malra hingga saat ini masih dapat memenuhi target sasaran. “Kebutuhan vaksin di Malra masih sangat cukup, meski dalam jumlah yang banyak pastinya,” katanya.

Door Prize hingga Dihibur Artis “Stimulan bagi Warga”

Upaya Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara untuk mencapai target vaksinasi nampak tak main-main. Dalam upaya itu, Pemerintah daerah memberikan 2500 paket door prize berupa sembako gratis. Door prize tersebut diperuntukan bagi pendaftar pertama. Warga juga diberi stimulan jajanan gratis.

Bupati Malra M Thaher Hanubun bahkan tanggung-tanggung menyediakan jajanan makanan gratis di pelataran gedung Serbaguna. Setiap warga bebas memilih makanan apa saja yang tersedia untuk disantap, setelah menerima suntikan dosis vaksin.

Tak hanya itu, di lokasi vaksinasi juga, penyanyi ternama Ibukota Provinsi, Naruwe dihadirkan untuk menghibur warga penerima vaksinasi.

Dax menilai upaya yang dilakukan Pemerintah daerah setempat, dalam hal ini Bupati Thaher Hanubun sangatlah efektif dalam mendukung percepatan vaksinasi di Maluku Tenggara.

“Tentu sangatlah efektif, karena terkadang masyarakat harus dipacu untuk datang menerima suntikan vaksin,” ujar Kapolres.

Menurut Manuputty, semakin banyak melaksanakan vaksinasi, semakin susah pula mendapatkan target, karena jumlah penerima tentu akan semakin sedikit.

“Oleh karenanya maka kami bersama Pemda Malra menstimulus masyarakat dengan cara-cara tersebut sehingga mereka (masyarakat) mau untuk divaksin,” tutur dia.

Ia menegaskan, dibalik pemberian sembako gratis dan sebagainya itu, upaya Pemerintah daerah hanyalah semata-mata untuk menjamin terbentuknya kekebalan imunitas masyarakat terhadap varian virus COVID-19.

“Vaksin ini bukan hanya buat saya, Pa Bupati maupun Pemerintah Daerah saja, melainkan semua ini demi untuk masyarakat. Kita ingin semua masyarakat Maluku Tenggara sehat dalam menghadapi pandemi Covid-19, terutama dalam menghadapi varian-varian baru seperti unicorm. Satu-satunya cara untuk kondisi itu adalah hanya dengan mengikuti vaksinasi,” jelas Manuputty.

Manuputty menyebut vaksinasi serentak di Malra tidak hanya berpusat pada satu lokasi saja. Sebelas kecamatan di Malra juga dilaksanakan program yang sama. “Kita akan terus berupaya dan bekerja sama dengan Pemda, apapun caranya selama itu baik, pasti akan dilakukan untuk mendukung percepatan vaksinasi Malra,” tandasnya.

Sumbangsih Pemda Malra bersama Polres dalam menggelar vaksinasi massal serba gratis ini mendapat respon dari warga masyarakat. AR, salah satu warga penerima vaksin menyatakan kegembiraannya bisa mendapatkan program vaksinasi gratis ini.

“Sangat senang Pa, beta (saya) sangat bersyukur karena selain menerima vaksin, beta juga bisa dapat sembako gratis. Terima kasih Pa Bupati, dengan sembako ini bisa tambah-tambah kebutuhan untuk natalan,” ucap AR.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar