Marrin News

Diklat LK 2023, Bupati Malra: Cukup Banyak Koperasi Hidup Enggan Mati Tak Mau

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Maluku Tenggara Munawir Matdoan (kiri) tengah membawakan materi pada kegiatan diklat penyusunan laporan koperasi tahun 2023 di Ballroom Hotel Suita, Kamis (30/3/2023). Foto: istimewa.


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Maluku Tenggara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan penyusunan laporan koperasi (Diklat LK) tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari di Ballroom Hotel Suita, Kamis (30/3/2023).

Diklat tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Andi Savsavubun. Pada kesempatan yang sama, Andi membacakan sambutan bupati.

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun dalam sambutan yang dibacakan tersebut kembali menyoroti eksistensi koperasi.

Ia mengatakan, masih cukup banyak koperasi di Maluku Tenggara yang berada dalam kategori 'hidup enggan, mati tak mau'.

"Koperasi dibentuk tetapi tidak mampu menjalankan prinsip-prinsip dasar koperasi. Salah satu yang paling dominan adalah rendahnya manajemen," ujar Thaher.

Bupati lanjut bilang bahwa kondisi itu menandakan ketidakmampuan dalam mengelola koperasi. "Menyikapi persoalan ini, pemerintah harus cari solusi," tegas dia.

Thaher menambahkan masalah pengelolaan koperasi cukup kompleks. "Salah satunya adalah penyusunan laporan," tandas bupati.

Adapun peserta diklat ini melibatkan pengurus koperasi se-Malra, sebanyak 30 orang. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka, ceramah, dialog, praktek dan simulasi.


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar