Marrin News

200 CPNS Malra Ikut Latsar di Ambon

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun berfoto bersama 200 peserta Latsar CPNS 2023 usai acara pelepasan di Aula Kantor Bupati Malra, Senin (13/3/2023 pagi. Foto: istimewa

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com - Sebanyak 200 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) akan mengikuti pelatihan dasar (Latsar) tahun 2023 selama kurang lebih dua bulan di Kota Ambon, Maluku. 

Adapun para peserta tersebut terdiri dari CPNS Golongan III 98 orang dan Golongan II 102 orang. Mayoritas peserta adalah tenaga kesehatan sejumlah 117 orang, sisanya tenaga teknis 23 orang.

"Seluruh pembiayaan latsar ini, baik biaya kontribusi maupun transportasi peserta dibebankan pada APBD Kabupaten Maluku Tenggara 2023 melalui Dinas Kesehatan," ungkap Kepala BKPSDM Malra, Muhsin Rahayaan dalam laporannya pada acara pelepasan peserta Latsar CPNS Malra, Senin (13/3/2023).

Muhsin lanjut memaparkan, pelaksanaan Latsar CPNS dimulai dari 16 Maret - 24 Mei 2023. Proses pelaksanaannya sendiri dilakukan dalam tiga tahap.

Tahapan pertama, tahap internalisasi nilai dasar CPNS bersifat klasikal, dimulai 16 Maret - 5 April  2023 bertempat di BPSDM Provinsi Maluku.

Selanjutnya, tahapan kedua; tahap habituasi dalam bentuk aktualisasi bersifat off campus. Tahapan ini dimulai pada 6 April - 20 Mei 2023, bertempat di instansi atau unit kerja peserta latsar.

Kemudian, tahapan ketiga; tahap evaluasi aktualisasi bersifat klasikal, dimulai 22-24 Mei 2023, bertempat di BPSDM Provinsi Maluku.

"Dalam Latsar ini, tenaga pengajar untuk proses pembelajaran klasikal akan difasilitasi Widyaiswara BPSDM Maluku dan fasilitator dari Satuan Brimob Polda Maluku," kata Muhsin.

Ia menambahkan, "Sedangkan untuk pembelajaran non klasikal akan difasilitasi oleh coach dan mentor," imbuhnya.

Untuk diketahui, Peserta Latsar CPNSD dari Maluku Tenggara secara resmi telah dilepas oleh Bupati M. Thaher Hanubun pada Senin, 13 Maret 2023 pagi tadi. Acara pelepasan berlangsung di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar