Marrin News

Diterjang Angin Kencang, Koridor Kios dan Belasan Rumah Warga di Tual Rusak

Marrin News
Tampak koridor kios pada bangunan pasar swasta di kawasan Pasar Masrum Kota Tual pasca diobrak-abrik angin kencang pada Senin (13/2/2023) sore.(Foto:Gery Ngamel). 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com – Angin kencang menerjang kawasan Pasar Masrum Tual, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Maluku pada Senin (13/2/2023) sore.

Akibat terjangan angin kencang disertai hujan deras tersebut dilaporkan bubungan atap koridor kios pada bangunan pasar di salah satu area mengalami kerusakan.

Menurut pedagang souvenir Mulyadi, angin kencang itu datang bersamaan dengan angin puting beliung dan hujan deras. Kejadian terjadi sekitar pukul 14.30 WIT. Puting beliung tersebut tiba-tiba muncul dan menerbangkan bubungan atap koridor kios ke jalan utama di area Pasar Masrum.

“Angin puting beliung dari arah pelabuhan fery, masuk lalu angkat atap ini baru lempar sampai di jalan sana (jalan utama pasar, red). Kejadiannya sekitar jam 3 sore,” ungkap Mulyadi kepada wartawan.

Mulyadi mengaku bahwa akibat kejadian ini, aktivitas pada 14 kios yang berada tepat dibawah koridor tersebut terpaksa harus dihentikan. Aktivitas jual beli baru akan kembali dijalankan setelah dilakukan perbaikan bubungan atap koridor.

“Selama belum diperbaiki ini tempat, kita stop (berhenti, red) berjual,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tual, Darnawati Amir menyampaikan, pihaknya telah meninjau langsung ke area terdampak sesaat setelah kejadian.

Dari peninjauan tersebut, ia katakan, koridor penghubung bangunan sejumlah kios yang rusak di area pasar Masrum adalah milik swasta.

Amir pun memastikan, tidak ada kerusakan berat pada bangunan induk kios. Yang rusak hanyalah bubungan atap koridor penghubung.

“Alhamdulilah, tidak ada korban jiwa, tidak ada juga kerugian harta benda. Empat belas kios dibawahnya (koridor, red) itu semua aman. Tapi setelah kejadian itu, kios mereka tutup,” ujar Amir.

Amir menambahkan, pihaknya sudah mencoba untuk berkomunikasi dengan pemilik pasar swasta via telepon seluler. Namun nomor telepon pemilik bangunan tidak dapat tersambung.

“Oleh karenanya, saya sudah sampaikan ke kepala pasar untuk menindaklanjuti perbaikan atap koridor,” beber dia.

Marrin News
kondisi atap dan dinding rumah warga yang rusak akibat hantaman angin kencang, Senin (13/2/2023) sore, (Foto: Gery Ngamel) 

Sementara itu, angin kencang juga menerjang sejumlah rumah warga Ohoi (Desa, red) Kavir, Kompleks Apolo Atas di Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual.

Sebanyak 12 rumah warga di kompleks tersebut dilaporkan mengalami rusak ringan dan berat. Rata-rata kerusakan terjadi pada bagian atap.

Menurut warga setempat, warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah dan mencari perlindungan di tempat aman akibat rumah mereka diterjang angin kencang.

“Saat kejadian, kami sementara makan. Kami kaget langsung lari keluar dari dalam rumah dan cari tempat aman,” tutur Yanti Kabalmay, warga.

Reaksi serupa juga dialami Muhammad Arman. Ia akui, kalau saat itu dirinya lagi menikmati hidangan makan siang di rumahnya.

“Saat makan, tiba-tiba saya dengar ada angin sangat kencang, seketika juga saya dengar dinding dapur tetangga rubuh,” kata Arman.

Diketahui, tak ada korban jiwa dalam kejadian di Ohoi Kavir. Namun begitu, warga berharap ada bantuan pemerintah untuk perbaikan rumah warga yang rusak berat.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar