Marrin News

Bupati Thaher Bangkitkan Tradisi “Umun” di Tengah Warga

 

Potret Bakar Batu atau Umun di Desa Yafawun. Sabtu (4/2/2023). Foto: istimewa


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com – Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun tak henti-hentinya mengeliatkan kegiatan budaya ditengah masyarakat kei di Maluku Tenggara. Kali ini ia menghadirkan kembali menanamkan budaya “umun” (Bahasa local Kei) atau bakar batu.

Tradisi bakar batu tersebut dilakukan Bupati bersama warga ohoi (desa) Yafawun, Kecamatan Kei Kecil Timur, Sabtu (4/2/2023).

Disela-sela aktivitas itu, tak luput Bupati Thaher mengajak seluruh warga masyarakat Kei agar terus melestarikan budaya tersebut.

Menurut dia, hal tersebut merupakan sarana silaturahmi antar sesama warga sekaligus ungkapan rasa syukur.

Selain melestarikan nilai-nilai tradisi lokal warisan leluhur, lanjut Bupati, tradisi tersebut bertujuan meningkatkan persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat, membangun silaturahmi antar umat beragama.

“Tradisi umun ini bertujuan meningkatkan persatuan dan kesatuan antar masyarakat, membangun silaturahmi antar umat beragama, dan melestarikan nilai-nilai tradisi lokal warisan leluhur,” ungkap Bupati.

Untuk diketahui, tradisi bakar batu (umun) merupakan salah satu tradisi memasak panenan kebun berupa sayur dan ubi-ubian maupun hasil laut.

Kegiatan umun di kepulauan Kei dilakukan secara maren oleh masyarakat di ohoi, sebagai tanda ungkapan syukur sekaligus mempererat silaturahmai antar warga setempat yang berbeda agama.

Bupati Hanubun menyatakan, kekayaan tradisional berupa bakar batu ini memberikan pelajaran kepada masyarakat tentang arti kebersamaan.

“Saya berharap tradisi ini harus terus kita hidupkan dan lestarikan untuk menciptakan kebersamaan diantara sesama kita warga di Kei ini tanpa memandang agama, karena kita semua ini adalah ain ni ainit foeng fo kut, it faf fo banglu (kita adalah bersaudara, terjalin menjadi satu dan kuat untuk mewujudkan suatu tujuan yang telah ditentukan demi kepentingan bersama),” pungkasnya.

 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar