Marrin News

Bupati Malra Pimpin Upacara HAB Ke-77 di Langgur

Potret Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 di Kota Langgur, Selasa (3/1/2023). Foto: Istimewa


Penulis | Editor: Gery Ngamel

MALUKU TENGGARA, MARRINnews.com – Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia di Kota Langgur.

Pelakasanaan upacara ini dipusatkan di pelataran Madrasah Aliyah Negeri Maluku Tenggara, Selasa (3/1/2023).

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Hanubun menjelaskan, Tahun Baru 2023 bukan sekedar penanda berakhirnya kalender tahun kemarin dan dimulainya kalender baru.

Namun bagi insan Kementerian Agama RI, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus.

Di awal tahun, tepatnya hari ini, Selasa, 3 Januari 2023, keluarga besar Kemenag memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77. Bersamaan dengan itu, elemen Kemenag diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kemenag yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946.

Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat dengan menjadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Hal tersebut menurut Menag, dalam Peringatan HAB ke-76 Kemenag tahun 2022 lalu, kita gelorakan semangat Transformasi Layanan Umat.

“Alhamdulillah, secara bertahap, cita bersama itu mulai terwujud dan tampak hasilnya,” imbuhnya.

Saat ini Kemenag telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah.

Semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi, di level nasional dan internasional.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar