Marrin News

TTPS Diminta Fokus Tangani Isu Sentral Stunting di Malra

Rapat evaluasi Tim Konvergensi dan membuka kegiatan Bimtek Pengisian Aksi Web Monitoring, di Ruang Rapat Kantor Bupati Malra, Senin (5/12/2022). Foto: Bag. Prokopim Malra. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Asisten Administrasi Umum Setda Maluku Tenggara (Malra) Martinus Mon memimpin rapat evaluasi Tim Konvergensi dan membuka kegiatan Bimtek Pengisian Aksi Web Monitoring, di Ruang Rapat Kantor Bupati Malra, Senin (5/12/2022). 

Kegiatan tersebut diikuti Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) Malra.

Dalam arahannya, Mon menekankan pentingnya kerjasama tim dalam penanganan stunting, sekaligus upaya Pemerintah Kabupaten Malra untuk mencapai target nasional 14 persen prevalensi stunting di tahun 2023.

Selain itu, Ia juga mengingatkan TPPS Malra agar tetap fokus pada penanganan isu-isu sentral seperti air bersih, sanitasi dan perumahan rakyat huni demi mencapai angka stunting 14 persen secara nasional.

"Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara optimistis jika dikerjakan bersama-sama dengan modal persatuan dan semangat kebersamaan serta tanggungjawab maka kita bisa capat target angka 14 persen tersebut," ungkap Mon.

Mon lanjut menyebut bahwa pemerintah daerah melalui TPPS, tercatat hingga September 2022 telah berhasil mengurangi stunting di Malra menjadi 17.79 persen.

Dia bilang pencapaian tersebut tak terlepas dari berbagai upaya yang terus dilaksanakan. Salah satu upaya adalah Rapat Evaluasi Tim Konvergensi dan Bimtek Pengisian aksi Web Monitoring. 

“Untuk hal ini Pemda Malra memberikan apresiasi kepada tim konvergensi, Tim penggerak PKK, pimpinan OPD dan semua pihak yang telah berkinerja baik sehingga angka stunting di Malra pada September 2022 telah turun 17.79 persen,” ucap Mon. 

Ia kembali menegaskan, pengisian Aksi Web Monitoring harus menjadi perhatian sehingga tidak input asal-asalan. Kerja harus terukur dan sistematis melalui Data Base yang dikelola sehingga target sasaran dapat dicapai.

"Apalagi dari tahun ke tahun angka penurunan stunting sudah baik sehingga terus ditingkatkan kinerja agar dari 17 persen itu kita bisa peroleh target 14 persen," imbuhnya. .

Setelah kegiatan Rapat Evaluasi Tim Konvergensi, acara dilanjutkan dengan Bimtek Pengisian aksi Web Monitoring yang digelar di ruang rapat kantor Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Malra dengan narasumber Gino Latuheru.

Untuk diketahui, kegiatan bimtek akan digelar selama dua hari, 5-6 Desember 2022 dengan agenda penyampaian materi sekaligus Pengisian aksi Web Monitoring.

Hadir pada kegiatan evaluasi Tim Konvergensi dan Bimtek Pengisian aksi Web Monitoring diantaranya pimpinan OPD lingkup Pemda Malra dan operator OPD yang akan menginput aksi web monitoring.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar