Marrin News

Tekan Inflasi, Pemkot Tual Luncurkan Inovasi SIPIT

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pemkot Tual Irwan Tamnge. foto: dokpri

Penulis | Editor: Redaksi/Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com -  Masalah inflasi di Kota Tual saat ini disebut-sebut dapat teratasi. Meski begitu, Tim Penanganan Inflasi Daerah (TPID) bersama Bagian Ekonomi Pemkot Tual terus mencari berbagai cara untuk menekan peningkatannya, jika saja kembali terjadi.

Upaya yang tengah dilakukan saat ini adalah dengan diluncurkannya Sistem Informasi Pengendalian Inflasi Terintegrasi (SIPIT) oleh Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pemkot Tual Irwan Tamnge.

Kepada media ini, Tamnge mengatakan, inovasi yang dirancang ini akan membantu penanganan inflasi daerah secara terintegrasi, tentunya demi kemajuan kota tual itu sendiri.

"Jadi perlu diketahui oleh masyarakat bahwa perkembangan inflasi di kota tual sampai saat ini memang dapat terkendali, namun kami perlu untuk meningkatkan koordinasi kami dengan semua pihak, semua stakeholder baik internal maupun eksternal, agar pengendalian inflasi yang kami maksudkan, semua perkembangan harga pasaran, itu harus kita publikasikan kepada masyarakat, dan dapat di akses dengan mudah serta membantu masyarakat dalam masalah ekonomi," jelas Tamnge.

Tamnge lanjut katakan bahwa karena terintegrasi maka inovasi ini harus juga disosialisasikan dan dipahami oleh semua stakeholder yang ada di lingkup pemerintah kota tual. Dengan begitu penanganan inflasi dengan inovasi SIPIT ini akan lebih mudah dijalankan.

"Karena contoh saja melalui sistem informasi pengendali inflasi dan integrasi, namanya juga terintegrasi sehingga semua pihak yang terlibat di dalam upaya pemanfaatan informasi ini harus benar-benar kita berikan informasi ini kepada mereka, melalui sosialisasi maupun pelatihan operator tiap OPD," sebut dia.

Selain menampilkan harga bahan pokok terupdate, menurut Tamnge bahwa nantinya inovasi SIPIT ini juga akan menampilkan jadwal moda transportasi laut, guna dipantau warga masyarakat, untuk mendukung kegiatan perekonomian mereka. 

"SIPIT juga direncanakan akan digunakan untuk mempromosikan layanan berbasis online untuk segala keperluan masyarakat, demi mewujudkan masyarakat digital di Kota Tual," ungkap Tamher.

Tamher menyebut saat ini inovasi SIPIT sementara masih diakses awal pada website sipit.pemkottual.id. 

"Saatnya nanti, aplikasi SIPIT bisa di download dan digunakan oleh masyarakat Tual serta Kabupaten Maluku Tenggara sebagai marketplace digital lokal, hasil pemikiran anak daerah," pungkas Tamher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar