Marrin News

Layanan Telemedition Akan Bantu Warga Kepulauan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Subhan Labetubun. Foto: dokpri

Penulis | Editor: Redaksi/Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Dinas Kesehatan Kota Tual nantinya akan memperkenalkan layanan telemedition bagi masyarakat dengan fokus ke warga kepulauan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Subhan Labetubun mengatakan, pelayanan telemedition ini untuk memudahkan masyarakat terlebih warga kepulauan. Dengan adanya telemedition yang didukung oleh pelayanan telekomunikasi, maka warga akan mendapatkan pelayanan prima hingga setingkat konsultasi ke dokter spesialis.

"Di program telemedition ini akan diperkenalkan kepada warga dengan tujuan bagaimana mendekatkan pelayanan kesehatan dengan masyarakat, apalagi masyarakat yang tidak bisa menjangkau fasilitas kesehatan yang jaraknya cukup jauh seperti di pulau-pulau," ungkap Subhan kepada Wartawan, Kamis (8/12/2022).

"Mereka datang memeriksakan kesehatan primer di Puskesmas atau Puskesmas pembantu terdekat, diperiksa oleh tenaga dokter umum atau perawat. Di situ hasilnya dikonsultasikan dengan dokter spesialis yang ada di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya di Indonesia, karena terkoneksi pada komunitas dokter spesialis sesuai dengan penyakit yang diderita," jelas dia menambahkan.

Sabhan memastikan telemedition ini memang ditujukan untuk mengenalkan kepada masyarakat digitalisasi pelayanan kesehatan, yang dapat meminimalisir pembiayaan saat melakukan pemeriksaan dan pengobatan difasilitasi kesehatan.

"Terlebih kepada warga yang jauh jangkauannya dari rumah sakit atau fasilitas rawat inap yang disediakan pemerintah daerah," pungkas Sabhan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar