Marrin News

Lagi, Dinas Sosial Malra Kucurkan Ragam Bantuan untuk warga Malra

Bupati Malra M. Thaher Hanubun berpose bersama para penerima bantuan, di Aula Kantor Bupati, Senin (12/12/2022). Foto: istimewa

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Dinas Sosial Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) kembali mengucurkan beragam jenis bantuan kepada sejumlah keluarga dan kelompok usaha di Maluku Tenggara.

Sesuai data Dinas Sosial Malra, komponen bantuan yang diberikan yakni kategori kelompok usaha bersama penanganan inflasi berupa stimulan usaha produktif.

Bantuan atensi program rehabilitasi sosial berupa alat bantu disabilitas, sembako, perlengkapan sekolah, pakaian, perlengkapan tidur serta kewirausahaan kepada penyandang disabilitas dan lansia.

Ada juga, komponen bantuan program perlindungan sosial berupa buffer stock dan permakanan kepada korban bencana sosial dan bencana alam, perlengkapan kearifan lokal dan penguatan ekonomi produktif program kearifan lokal.

Kepala Dinas Sosial Malra Hendrikus Watratan merinci, bantuan kepada kelompok usaha bersama penanganan inflasi bersumber dari dana APBD Malra 2022 sebesar Rp189.989.600.

“Masing-masing kelompok usaha bersama menerima senilai Rp9.999.450. Sebanyak 19 KUBE yang tersebar di 11 kecamatan dan 19 ohoi se Malra menerima bantuan ini,” sebut Watratan dalam laporannya pada acara penyerahan bantuan, Senin (12/12/2022).

Kemudian, untuk bantuan atensi program rehabilitasi sosial bersumber dari dana APBN Kementerian Sosial RI sebesar Rp155.336.838. Rincian nilai bantuan masing-masing mencakup bantuan atensi program rehabilitasi sosial Rp100 juta dan bantuan alat bantu disabilitas senilai Rp55.336.838.

“ Penerima bantuan ini sebanyak 104 jiwa, tersebar di Kecamatan Kei Besar dan enam kecamatan di wilayah PP Kei Kecil,” ungkap Hen.

Sementara bantuan tanggap darurat bencana sosial dan bencana alam juga bersumber dari APBN Kementerian Sosial RI dengan total dana bantuan sebesar Rp1.225.497.500.

“Penerima bantuan tanggap darurat bencana sosial sejumlah 191 KK. Sedangkan untuk bencana alam sebanyak 29 kk di kecamatan Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Selatan Barat dan Kei Besar Utara Timur,” imbuhnya.

Selanjutnya, bantuan kepada korban bencana alam bencana alam bersumber dari APBD Malra 2022 sebesar Rp52.037.600. Bantuan ini dalam bentuk belanja barang.

Lalu, bantuan program keserasian sosial di Ohoi Weduar bersumber dari APBD Malra 2022 senilai Rp122.225.700.

Terakhir, bantuan program kearifan lokal bersumber dari dana APBN Kementerian Sosial sebesar Rp100 juta. Penerima bantuan ini sebanyak 2 ohoi yakni Ohoi Elaar Let dan Ohoi Letvuan.

“Masing-masing ohoi menerima bantuan senilai Rp50 juta,” terang Hen.

Adapun Bupati Malra M. Thaher Hanubun hadir dan menyerahkan secara simbolis komponen bantuan tersebut, yang digelar di Aula Kantor Bupati, Senin (12/12/2022) sore.

Dalam kesempatan sambutannya, Bupati menyampaikan Terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemensos, yang mana telah merespon permintaan Pemda Malra untuk bantuan penangan korban bencana sosial dan alam.

“Termasuk pula bantuan atensi bagi penyandang disabilitas dan lansia, BLT BBM serta bantuan kearifan lokal,” kata Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar