Marrin News

Dishub Tual Terus Bangun Koordinasi Pantau Cuaca

Kepala Dishub Kota Tual Usman Borut. Foto: istimewa 

Penulis | Editor: Redaksi/Gerry Ngamel 

TUAL, MARRINnews.com - Dinas Perhubungan Kota Tual saat ini terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Maluku Tenggara Kota Tual terkait prakiraan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini demi kepentingan warga masyarakat di Kepulauan Kei.

Kepala Dishub Kota Tual Usman Borut mengatakan, dinasnya terus berupaya untuk melakukan pelayanan prima kepada masyarakat yang hendak pulang pergi menggunakan kapal motor rakyat maupun kapal pelni, lewat informasi yang diberikan kepada masyarakat, baik lewat sosialisasi, pengumuman resmi via media sosial Dishub Tual serta siaran pers diberbagai media.

Borut menambahkan, jelang momen perayaan natal dan tahun baru, maka tentu akan ada arus masuk dan keluar. Ini yang akan diantisipasi pihaknya untuk bisa dilakukan pengawasan yang baik dan benar.

"Standar pelayanan pelayaran kami tetap berkiblat pada cuaca. Kalau ada surat izin berlayar yang dikeluarkan oleh Syahbandar dengan dasar ramalan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, maka kami akan izinkan untuk berlayar," kata Borut kepada MARRINnews.com, Jumat (9/12/2022).

"Namun kalau tidak ada dari BMKG dan Syahbandar, kami tidak akan mengizinkan untuk melakukan pelayaran. Maka dari itu kami terus mengupdate informasi dari pihak-pihak terkait demi kepentingan warga yang membutuhkan jasa pelayaran," tegas Borut.

Borut berharap, dengan pengawasan yang ketat oleh pihaknya hal-hal yang tidak diinginkan dapat ditekan pada momen natal akhir tahun dan tahun baru nanti.

"Warga pengguna jasa angkutan laut pun harus bijak menyikapi rencana keberangkatan dan tetap memantau ramalan cuaca dari BMKG yang disiarkan langsung oleh RRI Tual setiap harinya," pungkas dia.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar