Marrin News

Dinas Ketapang dan Disperindag Tual Jamin Stok Pangan Aman Jelang Nataru 2023

Foto: dokpri

Penulis | Editor: Redaksi /Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Tual menjamin stok pangan aman menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tual Sarmin di ruang kerjanya, Sabtu (10/12/2022).

"Untuk distribusi berasal dari Kabupaten Wajo, Sidrap dan Sidenreng serta telur dari Sulawesi sudah masuk untuk menjawab kebutuhan Natal dan Tahun Baru," kata Sarmin

Oleh sebab itu, lanjut kata dia bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan untuk memastikan stok pangan tetap aman, tanpa adanya kelangkaan, maupun harga yang melonjak jelang Nataru nanti.

"Untuk antisipasi inflasi daerah, kami terus pantau agar tidak terjadi kelangkaan pangan jelang Natal dan Tahun Baru," sebutnya.

Sarmin menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan sektor terkait untuk memastikan ketersediaan pangan agar tidak terjadi inflasi daerah. Untuk itu, dirinya berharap dengan kesedian pagan ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat jelang Natal dan Tahun baru.

Hal senada juga dikatakan Kepala Disperindag Kota Tual Darnawati Amir saat ditanya wartawan soal stok menjelang Natal dan Tahun Baru. 

Amir mekankan untuk stok jelang akhir tahun pihaknya telah mengecek ke berbagai instansi terkait, dan tidak perlu dikhawatirkan karena stok tersedia hingga bulan Februari 2023 nanti.


"Kami sudah cek di berbagai instansi juga distributor di wilayah kota Tual, untuk stok kebutuhan bahan pokok, minyak tanah maupun beras, akan selalu ada karena tersedia hingga bulan Februari 2023 nanti, jadi masyarakat tidak perlu melakukan panic buying, dengan membeli segala sesuatu secara berlebihan," ujar Amir.

Amir menyebut, pihaknya akan melakukan dua skema pasar murah yang dimulai dengan skema pertama hari ini pasar murah terpadu, yang dilakukan untuk menekan inflasi yang bisa saja terjadi, serta pasar murah yang menjadi program tetap pada hari raya keagamaan.

"Untuk membantu warga masyarakat juga memenuhi kebutuhan dan stok pangan di akhir tahun serta momen keagamaan, kami punya dua skema pasar murah yang kami laksanakan hari ini Sabtu (10/12/2022) yaitu pasar murah terpadu dan nantinya pada H-1 natal, untuk pasar murah jelang Natal dan Tahun Baru," terang dia.

Dengan dua skema pasar murah yang disiapkan oleh disperindag dan pengecekan stok bahan makanan yang masih tersedia hingga tahun depan, Amir yakin tidak akan terjadi kelangkaan bahan makanan pokok ataupun minyak serta kebutuhan lainnya pada momen hari raya keagamaan dan tahun baru nanti.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar