Marrin News

Bupati Thaher-Wabup Petrus Hadiri Acara Wisuda Politeknik Perikanan Tual

Bupati Malra M. Thaher Hanubun dan Wabup Petrus Beruatwarin berpose bersama dua wisudawan dan Rektor Politeknik Perikanan Negeri Tual pada acara wisuda Diploma III dan Sarjana Terapan Angkatan XVII Politeknik Perikanan Negeri Tual, Rabu (7/12/2022). Foto: Istimewa. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Bupati Muhammad Thaher Hahubun bersama Wakil Bupati Petrus Beruatwarin menghadiri acara Wisuda Diploma III dan Sarjana Terapan Angkatan XVII Politeknik Perikanan Negeri Tual, Rabu (7/12/2022).

Tak sekadar hadir, kali ini Wabup Petrus berkesempatan menyampaikan sambutan mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara. 

Untuk diketahui, Wabup Beruatwarin adalah mantan Direktur Poltek Perikanan Negeri Tual, dua periode yakni tahun 1997-2094 dan 2004-2009. Perguruan Tinggi ini sebelumnya bernama Akademi Perikanan Larvul Ngabal Tual (1997-2004), setelahnya berubah nama menjadi Politeknik Perikanan Negeri Tual (2004-2009).

Wabup dalam sambutannya mengatakan, dasar pendirian Politeknik Perikanan Negeri Tual dengan sokongan penuh Pemerintah Kabupaten Malra dilandaskan pada kebutuhan sektoral yang dirasakan potensial bagi eksplorasi dan eksploitasi secara bertanggungjawab atas kekayaan dan keberagaman sumber daya kelautan dan perikanan di Malra masa itu.

Potensi kelautan dan perikanan serta potensi pariwisata sebagai sektor unggulan dirasakan mampu menunjang pembangunan daerah.

“Untuk itu, dipandang perlu mendapat perhatian serius,” ujar Wabup Beruatwarin.

Basic pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yakni sumber daya manusia perlu dikembangkan secara sistematis dan terstruktur guna mampu menciptakan sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam rangka pemanfaatan sumber daya alam kelautan, perikanan serta sektor pariwisata yang saya sebutkan sebagai sector unggulan daerah.

Secara umum, lanjut Beruatwarin, Maluku merupakan salah satu dari tujuh provinsi Kepulauan di Indonesia dengan luas keseluruhan daratan dan lautan adalah 712.480 km2,  terdiri dari luas perairan mencapai 658.295 Km² (92,4%) dan luas daratan hanya sebesar 54.185 Km² (7,6%).

Hal ini berarti potensi eksplorasi dan eksploitasi disektor kelautan dan perikanan sangat menjanjikan. 

“Kabupaten Malra melihat peluang ini dengan sangat serius, meskipun jujur boleh dikatakan, bahwa dengan diterbitkannya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kewenangan sektor kelautan tidak lagi ada di kabupaten/kota,” bebernya.

Wabup Petrus lanjut menjelaskan, pendidikan memiliki makna yang lebih mendalam dibandingkan pengajaran, karena setidaknya mampu memperkenalkan berbagai kecakapan hidup yang mencakup kecakapan mengenal diri, berpikir, sosial, akademik, dan kejuruan.

Poltek Negeri Tual sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi, perlu memediasi anak didik untuk mencapai kecakapan sebagaimana dimaksud.

Kepintaran dan kecerdasan seyogyanya dapat berjalan secara selaras. Karena dengan demikian, maka kesuksesan akan dapat dicapai dalam berbagai aspek kehidupan.

Kepada para wisudawan/wisudawati, Wabup mengingatkan bahwa mereka akan diperhadapkan pada tantangan untuk mampu berkompetisi dengan lulusan dari perguruan tinggi lain.

Olehnya itu, pembelajaran harus terus dilakukan. Matangkan diri anda dengan informasi yang terus berkembang terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 (FourPoint Zero)

Hal tersebut dikarenakan gelar diploma yang disandang para wisudawan-wisudawati sejak hari ini, membawa tanggungjawab yang besar untuk pribadi anda, keluarga, almamater, lingkungan, daerah tercinta, serta bangsa dan negara.

Dengan gelar itu pula, akan menempatkan mereka pada posisi sebagai panutan bagi masyarakat.

Petrus berharap, para wisudawan-wisudwati dapat menunjukkan bahwa mereka adalah manusia terdidik serta berintelektual, dengan menciptakan pekerjaan kewirausahaan seturut keahlian, dan akan dikenal sebagai intelektual yang berkualitas.

"Jadikan dirimu berarti untuk sesama. Jadikan dirimu panutan dalam masyarakat, karena gelarmu adalah citra dirimu. Pengabdian anda dan pelayanan anda untuk orang lain adalah kesejatian hidup yang anda miliki,” pungkas Wabup.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar