Marrin News

Bupati Thaher Kembali Raih Penghargaan Nasional Bidang Penanganan Stunting

Bupati Maluku Tenggara dan tujuh kepala daerah se Indonesia berpose bersama Kepala BKKBN RI Hasto Wardayo usai penyerahan piagam penghargaan pada Forum Nasional Stunting 2022 di Shangri-La Hotels, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022). Foto: Bagian Protkoler dan Komunikasi Pimpinan_Setda Malra. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Bupati Maluku Tenggara (Malra) Muhammad Thaher Hanubun kembali meraih penghargaan tertinggi nasional dalam bidang penanganan stunting.

Kategori penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi Pemerintah Pusat melalui BKKBN RI terhadap kontribusi "Praktik Baik" ke-delapan kepala daerah, baik bupati/walikota se-Indonesia dalam menangani percepatan prevalensi angka stunting di daerah masing-masing.

Bupati Thaher Hanubun sendiri menerima anugerah penghargaan itu setelah dinilai berhasil bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan stakeholder lainnya menekan prevalensi angka stunting, mulai dari tingkat desa hingga kabupaten.

"Penghargaan ini diterima Bapak Bupati (Thaher Hanubun) karena berhasil membangun hubungan kerjasama yang baik antara Pemkab Malra dengan instansi terkait lainnya dalam rangka menekan prevalensi atau laju angka stunting di Maluku Tenggara," jelas Kepala DPPKB Malra Hi. Thalib Renhoran kepada MARRINnews.com melalui sambungan telepon seluler, Selasa (6/12/2022) sore WIT.

Selain pula, lanjut kata Thalib bahwa penghargaan itu diberikan atas dasar kontribusi sang Bupati sebagai nara sumber pada Webinar Generasi Bebas Stunting Seri I "Aspek Kelembagaan yang Baik".

Webinar ini sendiri telah dilaksanakan pada momentum menjelang Hari Keluarga Nasional ke-24 dan penerimaan anugerah Manggala Karya Kencana (MKK) di Medan, Sumatera Utara, 06 Juli 2022 kemarin.

Diketahui, Bupati Thaher dan Ketua TP-PKK Malra Ibu Eva Eliya kala itu juga dianugerahi penghargaan prestesius bidang kependudukan dan keluarga berencana "MKK" dari BKKBN RI.

Adapun piagam penghargaan bidang penanganan stunting dari BKKBN kepada Bupati Malra dan tujuh kepala daerah lainnya diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Hasto Wardayo pada Forum Nasional Stunting 2022 di Shangri-La Hotels, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022) sore WIT.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hadir dan menyaksikan langsung serimoni penyerahan penghargaan tersebut. Turut pula Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin dan sejumlah pejabat tinggi negara lainnya.

Picu Motivasi dan Teladan bagi Tim Stunting

Thalib mengklaim, penghargaan yang diterima Bupati Thaher bakal menjadi pemicu atau dorongan bagi dinas yang dipimpinnya untuk senantiasa bekerja keras bersama instansi atau dinas lainnya untuk mempertahankan reputasi,  sekaligus mewujudkan target nasional 14 persen prevalensi stunting di tahun 2024 mendatang.

"Pada hakekatnya, disamping apresiasi, penghargaan ini adalah sebuah tanda bagi kita untuk bekerja lebih giat secara bersama-sama guna menurunkan prevalensi stunting di Malra. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, tentunya untuk mencapai target maka semua pihak harus bekerjasama secara konvergensi, sebagaimana telah ditunjukan Pak Bupati," kata Thalib.

Ia bilang, Bupati Thaher lewat berbagai kebijakannya terus berupaya meminimalisir angka stunting di Maluku Tenggara. Tak sekadar kebijakan, sambung Thalib, bupati bahkan turun langsung meninjau pelaksanaan program terkait stunting.

"Di setiap kegiatan lapangan atau rapat, dipimpin Pak bupati bahkan beliau turun langsung bersama tim melakukan program-program stunting. Nah, ini merupakan contoh dan teladan yang baik," sebut Thalib.

"Kami semua perlu meneladani-nya (Bupati Thaher), sehingga kami mampu mengimplementasi program kebijakan penanganan stunting di lapangan," tandas Thalib.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar