Marrin News

Bupati Malra Ungkap Layanan Armada Sampah baru Jangkau Tiga Desa

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun tengah menyampaikan sambutannya pada acara penyerahan bantuan Program Sosi Bank Indonesia (PSBI) di Aula Kantor Bupati Malra, Kamis (8/12/2022) kemarin. Foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun mengungkapkan, pelayanan armada sampah baru menjangkau tiga ohoi (desa) atau sekitar dua persen. Sementara jumlah ohoi di Kabupaten Maluku Tenggara sebanyak 193 desa/kelurahan.

Sedangkan dari sisi jumlah produksi sampah harian di Malra, sebut Bupatix mencapai 62,5 ton per hari dan yang baru terangkut ke TPA Isso sebesar 13 ton atau 20,8 persen.

“Penanganan sampah belum maksimal dan belum terpadu serta belum merata ke seluruh desa ohoi. Untuk itu perlu dukungan serta komitmen yang kuat dari seluruh pihak, sehingga sampah dapat ditangani secara baik dan bermanfaat bagi kita semua,” ungkap Bupati saat menghadiri acara penyerahan bantuan PSBI, di Aula Kantor Bupati, Kamis (8/12/2022).

Seiring itu, ia menekankan, prinsip berpikir global bertindak lokal dengan kesadaran “Sampahmu Sampahku Tanggungjawab Bersama” (SAPUTANGGU) harus dikedepankan.

“Kita perlu melakukan inovasi penanganan dan pengurangan sampah di rumah kita, desa/ohoi, sekolah masing-masing dan tempat kerja kita masing-masing,” ujar Thaher.

“Inovasi dapat dilakukan dengan Bank Sampah,rumah kompos,sekolah bebas sampah plastik dan berbagai inovasi lainnya sehingga dampat negatif dapat diminimalisir dan dampak positif dapat kita rasakan,” kata dia menambahkan.

Bupati menegaskan kebiasaan hidup bersih harus terbentuk dan menjadi karakter dalam diri warga Maluku Tenggara sehingga menjadi budaya dalam masyarakat.

“Mari kita jadikan Kota Langgur menjadi kota yang bersih dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat. Sebab satu sampah yang kita buang ke tempatnya akan menyelamatkan seluruh alam semesta,” cetus Thaher.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Bersama kita bisa,” tandas Bupati Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar