Marrin News

BI Maluku Luncurkan Program Pasar Langgur S.I.A.P QRIS di Maluku Tenggara

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun berfoto bersama Kepala Kantor BI Maluku Bakti Artanta dan Kepala DLH Malra Clemens Welafubun serta sejumlah penjabat Bank Swasta pada acara launching Program Pasar Langgur S.I.A.P QRIS di Aula Kantor Bupati Malra, Kamis (8/12/2022). Foto: Gerry Ngamel. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Provinsi Maluku meluncurkan program Pasar Langgur S.I.A.P QRIS (Sehat, Inovatif, Aman, Pakai QRIS) di Kabupaten Maluku Tenggara.

Program ini merupakan kelanjutan upaya BI dalam mengakselerasi pembayaran digital nasional, khususnya di wilayah Maluku Tenggara.

Seremoni peluncuran program S.I.A.P QRIS itu ditandai dengan pemukulan tifa oleh Bupati Maluku M. Thaher Hanubun dan Kepala Kantor BI Maluku Bakti Artanta, bertempat di Aula Kantor Bupati Malra, Kamis (8/12/2022).

Kepala Kantor BI Bakti Artanta mengatakan, program S.I.A.P QRIS mulai dicanangkan Bank Indonesia bersama industri keuangan pada awal Pandemi Covid-19.

Menurut dia, adanya program tersebut selama masa pandemi tetap menjaga perputaran keuangan tetap lancar.

“Dengan sistem pembayaran QRIS proses transaksi menjadi cepat sehingga UMKM dapat langsung menerima uang untuk perputaran usahanya,” kata Bakti.

Ia lanjut mengungkap, BI menilai dengan QRIS yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal (cemumuah) dapat meningkatkan belanja masyarakat sehingga SGS diharapkan dapat lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk diketahui, S.I.A.P QRIS merupakan program pencanangan pasar dan pusat perbelanjaan yang sehat, inovatif, aman pakai QRIS untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Adapun penerapan progaram S.I.A.P QRIS di Maluku Tenggara dipusatkan di area Pasar Langgur.

Dalam peresmian program itu juga disertai dengan penyerahan swcata simbolis S.I.A.P QRIS kepada sejumlah pedagang yang berdagang di Pasar Langgur.

Sementara itu, Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyampaikan apresiasinya atas pencanangan Pasar Langgur S.I.A.P QRIS oleh Bank Indonesia. Bupati meyambut baik dan menyatakan akan mendukung program BI Maluku di wilayah Malra.

“Hari ini kita melaunching Pasar S.I.A.P QRIS. Ini menandakan Maluku Tenggara telah maju selangkah lagi. Kita tidak perlu lagi membawah uang cash di kantong, cukup dengan barter pakai S.I.A.P QRIS,” kata Thaher.

Bupati optimis masyarakat Malra kedepan akan semakin berkembang dalam hal pemanfaatan digital. Oleh karenanya, ia menghendaki agar dinas-dinas terkait dapat bekerjasama menjalankan program Pasar S.I.A.P QRIS.

“Dinas Kominfo tolong diperhatikan untuk bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja seemrta Bagian Keuangan Setda Malra agar program ini dapat segera terealisasi,” tandas Bupati Thaher

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar