Marrin News

BI Maluku Dukung Program Langgur Bersih, Bupati Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarang

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Malra Clemens Welafubun dan Kepala Kantor BI Maluku Bakti Artanta serta sejumlah perwakilan Kepala Bank saat membuka acara penyerahan PSBI di Aula Kantor Bupati, Kamis (8/12/2022). Foto: Gerry Ngamel. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Provinsi Maluku mendukung program "Langgur Bersih" yang diusung Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

Dedikasi BI tersebut berupa pemberian bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup.

Bantuan yang diberikan BI Maluku yakni tiga unit tosa, satu unit mesin pencacah plastik dan satu unit mesin pengayak kompos.

Adapun bantuan secara simbolis telah diserahkan Kepala BI Maluku kepada Bupati Malra M. Thaher Hanubun, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Clemens Welafubun. Penyerahan dilakukan di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara, Kamis (8/12/2022) sore WIT.

Kepala Kantor BI Maluku Bakti Artanta mengatakan, bentuk dukungan program BI untuk Maluku Tenggara tidak terlepas dari kerjasama yang terbangun antara BI dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

"Kami sangat berterima kasih karena diikutsertakan dalam program Langgur Bersih. Alhamdulillah, akhirnya kami bisa memberikan sesuatu untuk Maluku Tenggara," ungkap Bakti.

Bakti berharap, program bantuan dari BI dapat berdampak siginifikan untuk keberlanjutan pengelolaan sampah di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Bermanfaat untuk kesinambungan pengelolaan sampah yang lebih baik di Maluku Tenggara," imbuhnya.

Bakti menjelaskan, alokasi bantuan dari Bank Indonesia sejatinya bukan berbentuk CSR (Corporate Social Responsibility) melainkan lebih identik dengan sebutan PSBI.

"Sejatinya, kami tidak mengenal CSR. Tapi, alhamdulillah, kami diberikan alokasi untuk program sosial sehingga kami bisa turut serta dalam kegiatan pengembangan ekonomi, SDM, program kepedulian sosial termasuk kegiatan bersih lingkungan dan ekonomi lingkungan," jelas Bakti.

Sementara itu, Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyambut baik program sosial Bank Indonesia di Bumi Larvul Ngabal. Ia pun menyampaiakan apresiasi bentuk dukungan Bank Indonesia tersebut.

 

"Atas nama Pemda Malra, saya sampaikan Terima kasih dan apresiasi atas dukungan BI Maluku untuk daerah ini. PSBI merupakan bentuk kontribusi nyata dari Bank indonesia sekaligus merupakan program inovatif yang luar biasa kepada Pemda Malra dalam rangka mendukung  program Langgur bersih," ujar Thaher dalam sambutannya pada acara penyerahan PSBI, Kamis (8/12).

Bupati lanjut mengungkap, Kabupaten Malra memiliki 193 ohoi/kelurahan. Dari 193 ohoi/kelurahan itu, pelayanan armada sampah baru menjangkau tiga ohoi atau sekitar 2 persen.

Sementara terkait jumlah produksi sampah harian di Malra, kata Thaher, mencapai 62,5 ton per hari dan yang baru terangkut ke TPA Isso sebesar 13 ton atau 20,8 persen.

"Penanganan sampah yang belum maksimal dan belum terpadu serta belum merata ke seluruh desa ohoi, perlu dukungan serta komitmen yang kuat dari seluruh pihak. Sehingga sampah dapat ditangani secara baik dan bermanfaat bagi kita semua," tegas Bupati.

Menurut Thaher, prinsip berpikir global bertindak lokal dengan kesadaran "Sampahmu Sampahku Tanggungjawab Bersama" (SAPUTANGGU) harus dikedepankan.

"Kita perlu melakukan inovasi penanganan dan pengurangan sampah di rumah kita, desa/ohoi, sekolah masing-masing dan tempat kerja kita masing-masing," kata Thaher.

"Inovasi dapat dilakukan dengan Bank Sampah,rumah kompos,sekolah bebas sampah plastik dan berbagai inovasi lainnya sehingga dampat negatif dapat diminimalisir dan dampak positif dapat kita rasakan," sebut dia menambahkan.

Bupati menegaskan kebiasaan hidup bersih harus terbentuk dan menjadi karakter dalam diri warga Maluku Tenggara sehingga menjadi budaya dalam masyarakat.

"Mari kita jadikan Kota Langgur menjadi kota yang bersih dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat. Sebab satu sampah yang kita buang ke tempatnya akan menyelamatkan seluruh alam semesta," cetus Thaher.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Bersama kita bisa," tandas Bupati Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar